Ezytravel.co.id Menyatukan Nusantara Melalui Cerita

kontributor hellonusantara buka puasa bareng ezytravel and team
foto by kang Dudi iskandar

Menyatukan negeri yang besar ini memang bisa dengan apa saja. Bisa dengan seni, bisa dengan penaklukan demi penaklukan, atau bisa juga dengan cerita demi cerita. Ezytravel.co.id berhasil melakukannya. Memang belum sampai pada tahap yang “wah” akan tetapi, dengan munculnya beberapa blog yang di gawangi oleh Ezytravel, Cukuplah bagi saya, untuk mengatakan ini luar biasa. 

Perusahaan yang bergerak sebagai biro perjalanan online ini, menerobos sebuah langkah baru di negeri yang indah ini. Dia membangun beberapa blog yang menceritakan mengenai keindahan Indonesia. Semuanya tentang keindahan negeri ini. Sampai saat ini, sudah ada enam blog yang bernaung dibawah kepemimpinannya. Menurut saya, cara ini unik. Menarik dan tentu saja saling menguntungkan. Bukankah untuk menceritakan tentang keindahan suatu tempat/daerah itu diperlukan orang yang berdomisili atau minimal pernah ketempat tersebut? 

ketika lainnya sibuk meributkan indonesia, kami sibuk menulis tentang keindahan indonesia. ini ketika
acara silaturahmi blogger hello dengan ezytravel.co.id
foto by Daenggassing.com
Melalui blog hello-nya, ezytravel menghubungkan Indonesia dari barat sampai ke timur negeri. Mulai dari helloacehku.com sampai ke hellolombok.com. mungkin ini terbilang sederhana. Tapi lihatlah ketika akhirnya beberapa contributor blog yang didirikan oleh ezytravel ini duduk bersama dalam sebuah meja. Ya, dalam sebuah meja. Dan itu juga di fasilitasi oleh Ezytravel ketika bulan ramadhan yang lalu. Tak banyak yang berani berbuat demikian.

Ada banyak hal yang didapatkan. Terutama tentang bagaimana kondisi paling real di daerah yang tersebut. Bilang saja Aceh, Aceh hari ini dikenal dengan provinsi yang menjalankan syariat Islam dan ini menjadi sebuah hal “aneh” bagi negeri ini. Ada hukuman cambuk, ada razia rok ketat, celana pendek, dan duduk ngangkang. 

Betapa suram rasanya Aceh kini. Lepas dari konflik disambut tsunami, lewat tsunami di hadang oleh syariat islam. Rasa-rasanya, tak ada niat orang dari Indonesia ini untuk menjejakkan kaki ke tanah rencong ini. Akan tetapi, siapa sangka, melalui blog helloacehku.com ada salah satu tulisan dari contributornya menulis tentang 10 alasan kenapa harus ke Aceh yang sampai hari ini sudah 11.600 view.  Lalu, di Aceh kini juga telah ada dan tumbuh sebuah model wisata baru. Wisata Gerilya namanya. Sebuah wisata yang menyusuri tapak tilas konflik bersenjata di Aceh. mirip seperti Vietnam. Lalu, dimana benturan syariat dengan wisata di Aceh? bisa dikatakan syariah islam di Aceh tidak terlalu mempengaruhi sector pariwisata. Walaupun ada beberapa tempat yang akhirnya tutup karena terbentur dengan syariat yang dijalankan di Aceh.

Ini artinya, bahwa ezytravel.co.id berhasil memberikan ruang yang cukup luas untuk para putra-putri daerah di Indonesia untuk menuliskan keadaan kalau negeri ini baik-baik saja. Semuanya aman terkendali. Tidak ada sebuah konspirasi yang ingin memecah belah Indonesia. Bahkan dari sini, kita juga dapat mengenal lebih dekat tentang kondisi terkini mengenai budaya, adat-istiadat, dan tempat wisata terbaru dari seluruh Indonesia.

Sepotong kue asli aceh pun menjadi begitu berharga ketika indonesia ini  bersatu
Kini, memang masih enak provinsi yang ikut andil dan turut serta menjadi bagian dari ezytravel dengan blog hello-nya. Helloacehku.com, hellopalembang.com, hellobogor.com, hellosemarang.com, hellolombokku.com, dan terakhir hellomakassar.com. Tak lama lagi, akan bermunculan beberapa hello lagi yang akan mewakili provinsi lainnya di Indonesia. Bilang saja, batam, lampung, Banjarmasin, dan papua. Dan, akhirnya nanti, mungkin akan ada 34 Hello yang akan menulis tentang Indonesia yang begitu indah ini. 

Saya membayangkan, bila suatu hari nanti, akan ada ratusan contributor yang menulis tentang keindahan Indonesia. Dari sabang sampai merauke. Dari miangas sampai pulau rote. Betapa banyak khasanah bangsa ini yang akhirnya berhasil di angkat kembali dan terpaparkan secara langsung serta jelas. Tanpa perlu media-media yang ekstrem yang menulis sesuka jidatnya. Kami di Aceh sudah menjadi korbannya. Demi membangun pariwasata, kami harus berjuang melawan media melalui blog. Dan, ezytravel.co.id bersedia membantunya. 

Terima kasih untuk semua teman-teman ezytravel. Ramadhan kali ini, begitu berkesan dan syarat makna. Teruntuk teman-teman Hello, saya senang dan bangga punya saudara macam kalian. Dan terakhir, Selamat Ulang tahun Kemerdekaan Indonesia ke 70


bukankah kebersamaan itu indah? 

sahur bareng hellonusantara


yups, liburan itu penting banget!
foto by :hellobogor.com (saya lupa siapa yang punya ini foto hehe)
Bna, 2/8/2015
Yr

*beberapa tulisan sebelumnya 




Yudi Randa

Saya, menyukai dunia travelling, Mencintai membaca, Mencintai duduk bersama keluarga sembari menikmati secangkir kopi, menyenangi berbagi bersama. Bisa di Hubungi di yudi.randa@gmail.com

12 komentar:

  1. wah udah 17 Agustus-an duluan ya disana :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha mbak ini ada ada saja. saya sama ajalah mbak ama di yunani :))
      belom kok belomm

      Hapus
  2. Cepatnya tabuh gendang HUT RI yud? xixixiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi kumat cinta negara kak hahaha

      Hapus
  3. Amiiinnnn mudah"an kita bisa kumpul se-Indonesia doakan yo


    www.travelingstory.com | www.minangkabau.id | www.terbangbebas.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin amin.. semoga sukses terus ya Uda, terus yudi ntar kirim cv lamaran ya? :))

      Hapus
  4. senang yaa kalau indonesia bersatu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jangan banyak ngambek-an lagi :D

      Hapus
  5. oalah ternyata dibalik hello pendukungnya ini toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe klo yudi cuma bagian tim hore hore nya bang..:))

      Hapus
  6. Keren Mas acaranya. Memang, masih banyak keindahan negeri ini yang belum diketahui bahkan oleh penduduk Indonesia sendiri. Paling tidak, dengan tahu bagaimana karakteristik dan kekhasan masing-masing daerah, semangat untuk menjaga dan melestarikan itu akan tumbuh dan bisa dipelihara. Bukan untuk membandingkan satu daerah dengan daerah lain kemudian menjadikannya berkompetisi, melainkan untuk menghormati dan menghargai kearifan lokal daerah tersebut, memperkuat rasa persaudaraan, dan membuktikan pada dunia bahwa di mana pun, Indonesia akan selalu bersahabat. Maju terus, yak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini saya paling setuju!! makasih bang Gara.
      artinya kita tetep nulis keindahan indonesia dari setiap kota/kabupaten tanpa perlu ngebandingin satu dan lainnya kan?

      Hapus