Mau Jalan-Jalan Murah ke Aceh? ini Dia Caranya!
sunset di aceh selatan
Jujur, sebenarnya gaya hidup Travelling Backpaker-an ini,  adalah sebuah gaya hidup yang menurut saya, sedikit aneh. Jalan-jalan keluar negeri, tapi pengen murah punya barang. Pengen keliling Aceh tapi kalau bisa tidurnya gratisan. Nyari tebengan sana-sini, mulai dari masjid sampai wc umum. idih.. Ada yang lebih aneh lagi, setahu saya, harga tiket pesawat itu jauh lebih mahal dari satu piring nasi Padang yang ada di pasar kaget. Tapi, mengapa engkau lebih memilih makan di tempat makan yang harganya sedikit mencerminkan kesedihan dalam hidupmu?
Mungkin, ya mungkin loh ya.

Sifat traveler di negeri ini ataupun dari luar negeri itu, terinspirasi dari sebuah lagu anak-anak yang berjudul “Naik Kereta Api”. Saya, harus setuju dengan bang Mongol Stres. Ini lagu aneh bin ajaib. Masa, naik kereta dari Bandung sampai ke Surabaya naik percuma? Apa ini tidak gila namanya? Perjalanan kereta api dari Bandung-Surabaya itu 12 jam loh! Pergi pagi sampai di Surabaya malam, harga tiket paling murah, 380 ribu rupiah, dan kalian minta percuma? #tepokjidat.

**Naik kereta api ... tut ... tut ... tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung ... Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik**

Kita tahu, ada dua provinsi di Indonesia ini yang terpatri sebagai daerah Termahal Di Indonesia. Aceh dan Papua.  Karena, dua-duanya terletak di ujung negeri. Dan, dua-duanya punya keindahan yang luar biasa.  Ok, ini adalah tips Jalan-jalan murah ke Aceh
  • Beli Tiket  dari Malaysia!
Iya, saya tidak bohong. Seperti guru TK membohongi saya dengan mengatakan kalau balonku itu ada lima tapi ketika di hitung warnanya jadi enam. Tidak percaya? Merah, kuning, Kelabu, merah muda dan biru. Yang meletus? Hijau? Ada berapa? Kembali perihal harga tiket. Air Asia, ada masuk ke Aceh. tapi tidak dari medan, melainkan dari Kuala Lumpur, bro. jadi bisa bayangkan jika perusahaan milik si Toni ini lagi promo hot seat yang nol rupiah. Maka, berapakah harga tiket ke Aceh? #efekUN
Satu lagi, beli tiket pesawat ke Aceh yang tidak direct flight. Karena biasanya, yang direct akan lebih mahal. Kenapa? Karena peminat wisatawan ke Aceh itu bukan karena pengen menikmati cambuk polisi syariat. Tapi tugas kantor. Saran saya, nyari tiket pesawat yang ramai. Semisal dari Batam, atau Medan.  
  • Aceh itu gudangnya Kenduri!
Tahukah kamu kalau kenduri Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aceh itu bisa berlangsung sampai 4 bulan berturut-turut? Dan itu artinya, kalian akan bisa makan besar selama empat bulan. Hanya bermodalkan kain sarung, peci, gula dan roti kabin. Tuan rumah akan menyambut anda bak sodara jauh yang pernah hanyut kala tsunami 2004 lalu.  Jadi kenapa tidak manfaatkan musim Maulid di Aceh jika kalian ingin menghemat uang makan. Modal 5 ribu, bisa makan siang ala  resto all you can eat yang menunya dilihat aja udah bikin kenyang!
 
Mau Jalan-Jalan Murah ke Aceh? ini Dia Caranya!
pemandangan seperti ini akan sering terlihat kalau kalian jeli pas di tempat kenduri di aceh he he
Selain 4 bulan bisa makan gratis dengan melompat dari satu meunasah ke meunasah (mushalla) yang lain, Aceh juga dikenal sebagai gudangnya Kenduri, bro!
Mimpi ketemu almarhum orang tua dengan muka sedikit tak enak, bikin kenduri syukuran. Sunatan, kenduri, isra mi`raj, kenduri. Lahiran, kenduri. Mau tanam padi, kenduri. Mau turun ke laut, kenduri.

Pokoknya, orang Aceh punya banyak alasan untuk membuat kenduri. Ketika hati senang karena dapat uang, orang Aceh bikin kenduri. Ketika hati galau pun dia bikin kenduri. Kenapa? Karena bagi orang Aceh, kenduri adalah sedekah. Satu masalah selesai kan?
  • Makan pagi di warkop, makan malam di bebek Kuntilanak
Sekali makan di Aceh, satu porsi bisa 12-18 ribu. Baru nasi dan lauknya. Sarapan lontong sayur di Banda Aceh, bisa menjadi bencana. Satu porsi pakai telur bulat bisa kena 8-12 ribu. Jadi, kenapa harus di warkop bila sarapan. Pertama, pesan kopi satu gelas (agar perutmu kembung), lalu mintalah dibawakan Bu Prang alias Nasi Perang. Nasi ini, sebungkusnya ada yang 3 ribu rupiah. Mirip nasi kucing, tapi sedikit lebih banyak. Karena perut orang Aceh beda dengan orang Solo. #ehRasisYa?

Mau Jalan-Jalan Murah ke Aceh? ini Dia Caranya!

Makan malam ke bebek kuntilanak, kenapa? Karena kalian biasa makan sepuasnya tapi bayarnya hanya satu porsi saja. Tidak percaya? Di sini ceritanya.
  • Tidur di Hostel Syariah
Bila di Jakarta ada teduh hostel yang ketika tidur kamu bisa saingan suara vespa dengan cewek bule, di Aceh semua itu seolah tak akan mungkin terjadi. Kecuali kucing akhirnya tumbuh tanduk. Aceh, salah satu provinsi di Indonesia yang menganut Islam sebagai salah satu sumber hukumnya disamping UUD 45.  Jadi, tidur di hostel syariah adalah pilihan paling relevan bagi kamu yang ingin mencari kamar murah.

Mau Jalan-Jalan Murah ke Aceh? ini Dia Caranya!

Ada banyak wisma, homestay, dan hostel di seputaran kota Banda Aceh, dan beberapa kota lainnya di Aceh. harganya permalam? Mulai dari 70 ribu rupiah. Kenapa tidak di masjid saja? Karena saya tak ingin masjid-masjid di Aceh bau iler kalian, bro. #peaceMen!
  • Sewa Motor Atau Becak Motor
Bicara akomodasi di Aceh memang sedikit merepotkan. Untuk keliling sabang saja, kalian akan susah menemukan angkutan kota yang available untuk hal tersebut. Pun, di Banda Aceh, Labi-Labi (sebutan angkot di Aceh) mulai terlihat jarang melintas. Tergerus oleh kejamnya uang DP kredit motor.

Busway atau Transkutaraja memang sudah ada di Banda Aceh, tapi armada dan rutenya masih sangat terbatas. Bila dari Peunayong ingin ke Krueng Raya, maka kamu bisa menunggu melebihi lamanya Cinta menanti Rangga. Jadi, solusi yang terbaik adalah sewa sepeda motor. Sehari 100 ribu rupiah. Dan kamu bisa keliling Banda Aceh atau sabang, sesuka hati. Kesasar? Ah itu sudah biasa. Palingan kamu akan nyasar ke ladang ganja.
  • Jangan jalan-jalan di hari libur!
Ini serius. Seserius anda membaca tulisan ini. Kenapa jangan jalan-jalan Aceh kalau hari libur. Karena beberapa biaya akan naik dengan tanpa surat edaran tertulis. Ramainya turis yang ingin berwisata di hari libur akan menyebabkan tempat wisata akan overload. Kamar hotel akan full-book. Kenderaan sewa habis. Mobil rental juga bernasib sama. Jalanan sepi. Semuanya berkumpul di tempat-tempat wisata di Aceh. jadi, ada baiknya kamu ke Aceh di hari workday.

Mau Jalan-Jalan Murah ke Aceh? ini Dia Caranya!
ini yang terjadi bila ke aceh di hari libur :D
  • Terakhir, Cari Teman Orang Aceh Yang Ganteng
Yups, kalian sebisa mungkin carilah teman perjalanan yang berasal dari daerah Aceh. Kebetulan, kebanyakan dari mereka adalah orang-orang ganteng #ehem #benerinPoni. Ibu-ibu jualan jagung bila ketemu dengan pemuda Aceh yang tamfhan, bisa menurunkan harga sampai 20 persen.

Bukan, bukan seganjen itulah si ibu. Tapi lebih kepada rasa kekeluargaan sesama acehnya lah yang membuat harga-harga sedikit wajar dan normal. Bahkan, teman perjalanan dari Aceh ini juga akan berfungsi translater bahasa Aceh ke bahasa Indonesia. Mengingat di beberapa tempat keren di Aceh, banyak penduduknya masih kesulitan berbahasa Indonesia dengan baik.

Mau Jalan-Jalan Murah ke Aceh? ini Dia Caranya!
guide ganteng dari aceh 
Tidak percaya? “Nanti, kalau ketemu jalan yang mereng, qe belok sikit, jangan lasak kali beloknya. Nanti qe sisat.” Kalian paham tidak apa yang dimaksud dari kalimat di atas? Bila tidak, maka kalian memang harus menjadi teman orang Aceh yang gantengnya maksimal.

Semoga, tips tak seberapa ini menjadi referensi kalian untuk menjelajah Aceh suatu hari kelak ya, guys. See you there…