Kamis, 16 Februari 2017

5 Pulau Keren Di Aceh Yang Wajib Kamu Kunjungi

foto by : Hananan.com
Kalau ditanya, bila ke Aceh, kamu akan kemana? Hampir serentak akan menjawab; Ke Pulau Weh. Atau ke Sabang. Tidak salah kok, karena pulau Weh yang berikotakan Kota Sabang ini, merupakan salah satu dari tempat penyelaman di Indonesia. Bahkan menurut kabar, spot diving di pulau weh, masuk lima besar di Indonesia. 

Tapi, tahukah kamu, kalau di Sabang kini sudah terlalu ramai? Terutama bila memasuki libur panjang. Bila kamu tak pesan kamar penginapan dari jauh hari, hampir bisa dipastikan kamu harus tidur di pinggir pantai atau di ruang terbuka. Alias, penginapan fullbook!

Lalu, apakah Aceh hanya punya pulau Weh? Apa tidak ada pulau lain yang keren di Aceh? Kawan, percayalah, Saya lebih senang menikmati pulau-pulau yang lain selain pulau Weh. Bukan, bukan karena tak dapat jatah menginap di hotel Pulau Weh Dive resort, tapi memang terkadang ke Sabang, sudah terlalu mainstream. Syukurnya, Tuhan mentakdirkan Aceh berada di ujung utara Sumatra, sekaligus berbatasan langsung dengan Samudra hindia dan Selat melaka. Hasilnya, Aceh punya pantai dan pulau yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menghilang dari rutinitas harianmu.

Berikut ini adalah 5 pulau keren di Aceh selain Pulau Weh ;

1.    Pulau Breuh 

Pantai Lambaroh, Pulau Breuh, Aceh Besar


Pulau Breuh, atau pulau Beras, adalah salah satu pulau terbarat Aceh. Ia terletak tepat bersisian dengan pulau Weh. 

Pulau yang masuk dalam kabupaten Pulo Aceh, Aceh Besar ini memang sedikit minim fasilitas. Tapi bukan berarti kamu akan mati bila jalan-jalan kesana. Saya suka menyebutnya pulau yang mirip lombok, tapi versi hijaunya. Pasirnya yang aduhai, belum lagi teluk lampuyang dan meulinggenya.. 

Syukurnya, di sini, kamu akan disambut begitu hangat. Sampai-sampai beberapa masyarakat akan menawarkan untuk menginap dirumahnya. Tidak mau? Tak mengapa, kamu juga bisa menyewa gedung serba guna milik BPKS. 

2. Pulau Nasi


Pulau ini adalah adik kandung dari pulau breuh. Nasibnya memang sedikit lebih baik, mengingat pulau ini lebih kecil dibandingkan dengan pulau breuh. Pun, letaknya lebih dekat dengan Banda Aceh. Ditambah lagi, pulau nasi sudah memiliki dermaga yang cukup untuk menampung kapal fery. 

Soal keindahaan, dia tidak kalah dengan saudara kandungnya. Di sini, kamu bisa snorkeling dan menikmati pantai nipah yang airnya tenang bak kolam renang.

3. Pulau Dua
Pulau dua, Bakongan, Aceh selatan ( foto dr http://wisata-aceh-selatan.blogspot.co.id )
Ada dua pulau yang bersisian ketika kamu sampai ke kawasan Bakongan, kabupaten Aceh selatan, oleh sebab itulah disebut dengan Pulau Dua. 

Pulau ini cukup mudah dijangkau. Pun harga untuk menyeberang ke pulau tersebut terbilang murah. Hanya 30 ribu rupiah untuk satu orang Pulang pergi. Tapi, ini pulau tidak ada penghuni. Bisa dipastikan kamu akan merasakan sensasi berlibur di pulau sendiri. Ditambah lagi, kamu bisa snorkeling dan diving untuk melihat karang batik yang aduhai.

4. Pulau Banyak 

Ziyad di pulau Tailana, Pulau Banyak, Aceh Singkil

Travel blogger sekeren kak Cumilebay.com dan bang Barry Kusuma sudah berani mendapuk pulau Tailana yang berada pada kepulauan Pulau Banyak, Aceh Singkil ini sebagai salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi bila ke Aceh!

Dengan jumlah pulau yang cukup banyak, yaitu 66 pulau, dan bisa dipastikan akan membuat kamu bingung. Pulau mana dulu yang harus kamu jejali terlebih dahulu. Perjalanan ke pulau Banyak ini lumayan jauh. 
Baca juga, banyak jalan ke pulau banyak

Kalau kamu dari Banda Aceh, maka dibutuhkan waktu hampir 20 jam perjalanan nonstop! Tapi, perjalanan yang panjang tersebut akan terbayar tuntas ketika kamu berhasil menginjakkan kaki di pasir putih ditemani nyiur yang melambai. Klasik!



5. Pulau Simeulue
pulau simeulue dari angkasa, Foto by : Safariku.com
Kamu suka surfing? Suka makan udang lobster? Di sini adalah tempat yang tepat untuk menikmati itu semua. Pulaunya cukup besar. Hingga bisa dipastikan kamu nggak akan sanggup keliing dalam satu hari. Keindahan pulau yang memiliki beragam etnis ini pun tak kalah dengan pulau lainnya di Aceh. 

Tapi kalau soal menuju ke pulau ini, nah itu dia yang jadi masalahnya. Pulau ini hanya ditujukan untuk kamu yang berjiwa petualang. Bukan turis! Catat! Petualang! Kalau kamu memilih menyeberang dengan fery maka itu dibutuhkan waktu 12 jam nonstop. Kamu akan merasakan sensasi menyeberangi samudra hindia yang fantastik. 

fakhri di pulau siumat, Kepulauan Simeulue (foto dr ig fakhri)
Takut? Maka bisa dipastikan kamu kalah dengan beberapa bule dari eropa yang menjadikan pulau ini sebagai ajang mereka menghabiskan liburan musim dinginnya. 

Nah,setelah membaca tulisan singkat ini, apa kamu masih berpikir kalau di Aceh hanya ada pulau Weh saja yang keren?




ADDITIONAL INFORMATION:
  • Pulau nasi dan pulau breuh dapat diakses melalui penyeberangan dari Banda Aceh. Biasanya naik kapal KMP. Bila ke pulau nasi, naik Boat harus melalui pelabuhan Ulee Lheue (tepatnya di taman ulee lheue bay). Ke Pulau Breueh, kamu harus naik boat dari pelabuhan ikan Lampulo, banda aceh.
  • Pulau Simeuleu dapat ditempuh dengan kapal feri dari Labuhan Haji, Aceh Selatan, atau menaiki Susi Air dari Banda Aceh dan Medan.
  • Pulau Banyak bisa via darat dari Medan atau Banda Aceh ke Singkil, lalu naik feri ke Pulau Banyak. Yang datang dari jauh, mungkin bisa lebih dulu terbang ke Medan.***
  1. Mau. Saya berdoa supaya suatu hari di tahun-tahun mendatang ada jatah cuti yang bersisian banyak dengan libur akhir pekan supaya bisa datang ke sana. Bagus banget untuk melarikan diri, dalam arti harfiah. Pulang-pulang memang pasti akan ditanya kenapa lebih hitam tapi tak sebandinglah dengan pemandangan dan pengalaman yang didapat, hehe.
    Tak apa meski pelayarannya hampir sehari semalam! Saya suka berlayar, hoho. Masa anak lahir dan besar di Lombok takut laut, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius?? ayoooklah kalau gitu... berangkat kita hahaha

      Hapus
  2. ongkos naik feri berapa bang? mahal atau murahkah?

    BalasHapus
  3. Ah harusnya tahun ini bisa nyampai Aceh kalo jadwal kawin temen sesuai schedule, sayang gak jadi terpaksa tahun ini gigit jari.. vote pulau banyak kalo ke sini eh Sabang juga ding :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaaa kemana mesti dicancel sih bang?? :(

      Hapus
  4. Insyaallah kalo pulang lagi udah diagendakan ke pulau banyak. Ga sabar euy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak... tapi klo bawa dedek bayi kayaknya jangan dulu deh kak.. kasian kak kelamaan di laut

      Hapus
  5. Keren banget yang foto Pulau Dua itu. Itu langit eksotis amat, antara warna jingga sama biru.
    Jadi ingat adek pindah diterima keja di loksumawe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau dari lhokseumawe itu masih lumayan sih jaraknya. soalnya pulau dua posisi ada di sisi barat aceh mas :)

      Hapus
  6. waw keren-keren semua bang lautnya :3

    BalasHapus
  7. Baru pernah ke Pulau Weh..pulau yang ini belum Yud...keren banget..bersih yaa...makan lobster berapa disitu? Ini serius loh nanyanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah liat yang yudi tag di Ig kak? harganya sekitar 45 ribu seporsi.. yudi sendiri belum pernah makan kak hiks :(

      Hapus
  8. Duh Yud postingan pulau mu ini bikin mupeng pengen kesana :) cantik2 banget yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak sari... semoga suatu hari pulang dari amrik bisa mampir ke aceh ya kak? :)

      Hapus
  9. Mas Yudi yang keren,salam kenal..mau nanya tapi banyak...boleh?!
    Semua pulau itu, apa sedia alat snorkeling, guide snorkeling, guide perjalanan+transportasi murah, nginap rumah penduduk bayar berapa atau gratisan
    Ada kenalan dan nomor HP penduduk disana kah
    Mohon dibalas , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mbak Lenni.. walah.. panjang euy pertanyaannya..hehe

      hampir semua pulau menyediakan alat snorkeling, dan bisa di sewa melalui guide di banda aceh ataupun di pulau yang bersangkutan. semisal pulau banyak, pulau simeulue, pulau breuh

      untuk menginap, hanya di pulau Dua yang tidak ada penginapan, karena itu pulau kosong.
      untuk no hp, mau yang pulau mana dulu nih mbak? hehe
      klo untuk pulau breuh dan pulau nasi, semalamnya rata2 100 sampai 150 ribu. begitupun dengan pulau banyak. tapi simeulue sudah ada penginapan dan resort mbak

      Hapus
    2. Ya nih mas Yudi, saya banyak mau taunya, akhirnya bingung!!
      Sudah buat itinerary , ternyata mainstream!! Pas baca blog mas Yudi, jadi gempar[lebay]...
      Rencana berangkat Aceh 18/3/2017
      Nyebrang Sabang 19/3, tapi...
      Kini semua rencana berubah total, hitung budget lagi, gegara ada Pulau Antimainstream.
      Just info, saya solo traveler
      Jadi jika berkenan, mohon bantuan itinerary singkat, yg menurut mas Yudi,murah & gak ribet. Terimakasih

      Hapus
    3. bisa saja.. mohon email saja ke saya boleh mbak?
      yudi.randa@gmail.com

      Hapus
  10. siaap, tunggu kedatangan saya ke aceh ya. hee

    BalasHapus
  11. baru sempat ke pulau banyak :D berarti masih banyak pulau lain yang belom dieksplore ya~ :D Peer banget buat main-main ke aceh lagi nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang, klo ke aceh dan bawa keluarga kabarin yaaaa

      Hapus
  12. Halo, bang. Baru pertama mampir ke sini nih, nice blog :D

    Yang paling pas buat backpacker manja, mudah diakses dari Banda Aceh, dan bisa dieksplor dalam sehari yang mana nih bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulau weh, sabang :D
      tapi nggak ada di daftar lima ini hehehe

      Hapus

Start typing and press Enter to search