Seiring meningkatnya jumlah wisatawan ke Aceh, varian penginapan juga mulai berkembang dan bersaing. Tidak cukup ketat, tapi bolehlah. Bahkan kini, harga kamar penginapan di Aceh sudah ada yang mendekati angka 3 juta rupiah. 

Iya, Aceh juga memiliki hotel atau penginapan dengan harga yang cukup mumpuni. Bukan hanya penginapan murah saja yang tersedia. Akan tetapi buat kamu yang orang kayah, ganteng nan rupawan, rajin menabung serta suka kelayapan bak artis india, nah di Aceh sekarang sudah tersedia yang cukup lux.

Berikut ini saya rangkum menjadi 5 Penginapan Mewah di Aceh. Oh iya, standarisasi mewah seseorang bisa saja berbeda. Apa yang menurut saya mewah, belum tentu mewah menurut anda. Jadi, ini murni berdasarkan penilaian saya pribadi yang mengambil sudut dari harga dan pelayanan yang ditawarkan. (semoga habis posting ini dapat staycation gratis, yes!). Inilah 5 Penginapan Mewah di Aceh (versi hikayatbanda.com)

  • Hermes Hotel

kamar suite junior yang kini telah direnovasi. (sumber foto : hermespalacehotel.com)

Beruntung, akhirnya Banda Aceh memiliki satu-satunya hotel bintang LIMA. Jadi, sudah bisa dipastikan berapa harga kamar standarnya per malam, bukan? 

Kelebihan hotel ini sendiri memang hanya pada service bintang limanya. Kolam renang yang cukup, lobi yang nyaman, serta ruang dining yang cukup bagus untuk kategori kota sekecil Banda Aceh. 

Saya sendiri dan keluarga pernah mendapatkan hadiah menginap satu malam di kamar junior suite room. Bukan, ini bukan hadiah dari pihak hotel. Tapi oleh salah satu lembaga zakat dunia. (asyek!)

Terdiri dari 6 lantai dengan 159 ruang tamu mewah dan desain yang elegan di setiap kamarnya yang dibagi menjadi 117 kamar deluxe, 12 kamar grand deluxe, 20 kamar suite junior, 8 kamar suite eksekutif dan 2 kamar preseidential suite memberikan pengalaman akomodasi terbaik di Banda Aceh.

Rate Kamar permalam : Deluxe room : starting from Rp. 1.795.000,-

Hermes Palace Hotel
Jl. T.Panglima Nyak Makam
Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
Phone : +62 651 755 5888
Fax : +62 651 755 6999
Homepage : http://www.hermespalacehotel.com


  • The Pade hotel

5 Penginapan Mewah di Aceh
my favorite spot (sumber foto : thepade.com)

Kalau kamu melihatnya dari lokasi, ini hotel kayaknya nggak banget. Kenapa? Karena ia terletak sedikit di pinggir kota Banda Aceh. Dan, sedikit jauh dari pusat kuliner atau pusat jajanan. Jadi, kalau kamu berharap bisa belanja malam hari sambil jalan kaki dari hotel, lupakanlah!

Akan tetapi, jika kamu mendambakan tidur dengan suasana nyaman, tidak berisik, lalu ketika pagi udara persawahan yang dibelakang hotel terhirup segar, maka inilah hotelnya. Gaya bangunannya sedikit bergaya timur tengah. Dan yang paling penting, lobbi hotel ini instagramable banget. 

Sebenarnya, ini hotel favorite saya dan keluarga. Soalnya tempatnya memang nyaman banget. Jauh dari kota, ada kolam renangnya walaupun kecil. Dan kalau malam, view lobbynya benar-benar bikin betah buat duduk dan baca buku berjam-jam. 

Hotel The Pade dibangun pada tahun 2008. Hotel ini terletak di Jalan Soekarno Hatta No.1 Desa Daroy Kameu, Banda Aceh. Hotel The Pade ini memiliki tinggi 3 lantai, 1 bar dan restauran serta 65 jumlah kamar dengan beberapa macam pilihan. Desain setiap kamarnya menggunakan nuansa Timur Tengah.


Deluxe Rooms Rp. 1.155.000,-nett

The Padé hotel
Jl. Soekarno Hatta No. 1, Desa Daroy Kameu

Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar 23352

ACEH - INDONESIA
Ph : +62 651 49 999, 46 999, 43 490, 43 397, 43 391, 43 396
Fax : +62 651 47 999
E-mail: info@thepade.com , booking@thepade.com

  • The Pade Resort

5 Penginapan Mewah di Aceh
sumber foto : thepade.com 

The Pade Resort ini menjadi satu bagian dari the Pade Hotel Banda Aceh. Bedanya, ia terletak di pulau Weh. 

Dan, bisa dipastikan kalau The Pade Resort Terletak di pinggir laut dengan fasilitas yang cukup mumpuni. Andalan paket menginap yang ditawarkan biasanya pasti tak jauh-jauh dari diving. Dengan harga permalam mencapai 2.800.000 sudah wajib bagi kamu mendapatkan pelayanan yang luar biasakan? 

Fasiltas hotel : 
Guest Room : 11 rooms with Sea / Garden View, 2 Indoor rooms. Satellite TV, DVD Player, Individually AC Controller. Bathroom with Amenities and Hot/Cold water shower. Wi-Fi Hot Spot

5 Penginapan Mewah di Aceh
thepade.com 
The Pade Resort
Jl. Balik Gunung, Gampong Iboih
Kecamatan Suka Karya, Kota Sabang 23518
Weh Island, ACEH, Indonesia.
Telp : +62 652 - 33 24 500
Fax : +62 652 - 33 24 400
Email : info@thepade.com / sales@thepade.com / fo@thepade.com

  • Casanemo Resort And Spa

Taraaa... ini dia dambaan sejuta umat. Murah, tapi nggak murahan. Sederhana tapi tetap luxury. Impian menginap saya dan keluarga yang sampai hari ini nggak pernah kesampaian. Kenapa? Karena selalu fullbook. Jadi, bagi kamu yang ingin menghilangkan penasaran tidur di casanemo resort and spa yang ada di kota Sabang, pulau Weh ini wajib memesannya jauh-jauh hari. Atau ambilnya di musim sepi pengunjung. 

5 Penginapan Mewah di Aceh
ini bagian belakangnya atau depannya ya? bingung saya jelasinnya (sumber foto : traveloka.com)
Resort yang pernah mendapatkan “certificate of excellence” dari tripadvisor tahun 2013 ini, memiliki restoran yang langsung berhadapan dengan pantai Sumur Tiga pulau Weh yang terkenal dengan nuansa birunya. 

Dia memang tidak mahal tapi bukan berarti tidak mewah kan? Dan itulah yang membuat penginapan ini saya masukkan dalam kategori 5 Penginapan Mewah di Aceh!

Rate permalam (based on traveloka) mulai dari Rp. 475.000,-
Casanemo Resort And Spa
Alamat: Jl. H. Agus Salim, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh 24411
Telepon: 0813-6299-9942
  • Pulau Weh Resort 


Kalau soal harga? Resort ini adalah yang termahal dari semua yang saya rangkumkan. Kalau soal keinginan bermalam di sini? Sudah sejak pertama kali ngeblog. Pernah beberapa kali melewati penginapan ini. Dan, memang harus setuju tatkala ada yang berpendapat harga menentukan kualitas. 

Kamar yang menghadap ke laut terlihat begitu menawan. Ruangan yang sebagian besar kaca bisa dipastikan pemandangan indahnya kala pagi atau menjelang senja. Pun, bila kamu ingin berleha-leha di keheningan pantai? Bisa. Dan, kalau kamu ingin diving, mereka juga akan menyediakan paket diving lengkap dengan semua fasilitas.

5 Penginapan Mewah di Aceh
sumber foto : www.pulauwehresort.com
Fasilitas lengkap di sini dalam arti kata selengkap-lengkapnya. Mulai dari jeti pribadi, boat pribadi, sampai guide pribadi!

Rate kamar dengan view laut mulai dari Rp. 2.800.000,-/malam

Pulau Weh Resort Sdn. Bhd. (Weh Island Resort)

Malaysia office :

A-1-11A, Jalan PJU 1A/20A,

Dataran Ara Damansara,
47301 Petaling Jaya,
Selangor, Malaysia
Indonesia Office :
Jalan KM 0, Sabang,
Pulau Weh, Aceh, Indonesia.
Tel    : +603 7845 8989 (Malaysia)  +62 652 332 4919 (Pulau Weh)
Fax   : +62 652 332 4900 (Pulau Weh)
H/P   : +62 821 632 99118 (Pulau Weh)
Email     : admin@wehresort.com
Website : www.pulauwehresort.com


5 Penginapan Mewah di Aceh
mak, ini kamar semalam harus jual kamera yang mana lagi? :(sumber foto : www.pulauwehresort.com)
Oh iya, tidak lama lagi akan hadir hotel yang memiliki franchise dari perancis di Banda Aceh. Posisinya juga sangat asyik. Yaitu tepat di tengah kota Banda Aceh. Namanya Kryad Muraya Hotel. Walaupun bintang tiga, tapi harga dan pelayanannya cukup menggiurkan. Permalam-nya berdasarkan info yang saya dapatkan adalah Rp. 1.000.000,- untuk kamar standar. Review? Doakan agar sama dan keluarga dapat undangan staycation di hotel ini ya!