Profil

Saleum Troh Teuka Syedara Lon

(Salam kenal saudaraku sekalian)

Hikayatbanda adalah sebuah akronim dari dua suku kata, hikayat, dan Banda, yang saya arahkan kepada Banda Aceh. sebuah kota kecil di ujung utara Sumatra.

Lalu kenapa harus hikayat Banda? Hikayat berarti seni tutur yang berisikan pesan moral formal ataupun informal yang telah menjadi salah satu tradisi seni Aceh sejak jaman dahulu. Dalam hikayat, biasanya diceritakan hal-hal tentang cinta, dongeng, ataupun legenda yang dikaitkan dengan sebuah pesan positif ataupun teguran kepada pihak penguasa Aceh kala jaman kesultanan.

Atas dasar itulah akhirnya, saya melahirkan hikayatbanda.com dengan tujuan untuk menceritakan sisi positif dari Aceh (Banda Aceh khususnya) kepada seluruh pembaca. Menceritakan tentang tempat-tempat terbaik di Aceh yang sering dijadikan sebagai spot wisata. Dan, akhirnya, saya berhikayat menceritakan budaya Aceh yang sebenarnya positif. Akan tetapi, sering sekali dijadikan negative oleh banyak media mainstream ibukota negeri ini.

Style cerita saya di hikayatbanda lebih kepada membangun opini dan telling story. Hal ini mengingat kepada keterbatasan saya dalam menulis. Harus saya akui, menulis itu tidak gampang, apalagi ketika hendak menulis sisi positif dari kampong halaman saya. Maka, jadilah dia dengan segala kesederhanaannya dihadapan sahabat semua.

Adapun beberapa foto travelling saya bersama dengan anak-anak, hal itu dikarenakan saya sering mengajak anak-anak saya yang masih balita untuk ikut berpetualang mengenal Aceh. Dan, saya tidak menyarankan agar anda melakukan hal yang sama. Mengingat beberapa tempat yang saya kunjungi memiliki resiko yang cukup tinggi bagi keselamatan anak-anak.




Sementara ini, blog hikayatbanda dikelola oleh Yudi Randa (saya sendiri) dan Putri Yasmina (Istri saya). Dan jika ada yang tertarik dalam berbagai hal yang menyangkut blog ini, kalian bisa menghubungi saya melalui email : yudi.randa@gmail.com atau bisa juga melalui facebook  :  yudiranda. Atau melalui fans page facebook : hikayatbanda.com

Ah iya, hampir saja lupa! Akhirnya, saya berharap, blog hikayatbanda ini bisa menjadi referensi terpercaya bagi anda ketika hendak bermain ke provinsi Aceh, Indonesia!


  1. kalimat terakhir yang isinya bisa jadi "referensi" udah tercapai bg
    aku ke Ujong Batee Puteh berkat postingan abg, trus coba tulis danabadikan melalui lensa aku
    tq bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ya Zulfan atas semua apresiasinya selama ini. mohon bantuannya juga bila ada tempat baru yang menarik :)

      Hapus
  2. Meninggalkan jejak dulu disini ya bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak mas bobby udah mau singgah dan main ke sini

      Hapus
  3. Salam kenal mas dari Sumatera tengah (Pekanbaru), numpang liat2 ya.. Oia, Kalo ke p. Weh gimana ya caranya yang mudah?ada hostelkah disana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kak.. Iyah
      cara mudahnya ya ke banda aceh kak, lalu naik kapal cepat atau ferry.. nah di sana sendiri ada banyak penginapan. mulai dari 100 ribu permalam sampai 1,8 juta semalam

      Hapus
    2. Thanks infonya. Berapa lama Kalo naik ferry dan berapa lama Kalo dengan kapal cepat..? Oia, mau tanya katanya kan masih banyak lagi pulau deket p.weh, dan salah satunya perbatasan India great nicobar. Apakah ada access/dibolehkan menyebrang dgn kapal atau Ferry dari p.weh ke great nicobar? Spt Kalo Dumai ke Melaka gitu, Batam ke Singapore.

      Hapus
    3. Nah, klo mau ke pulu yang di luar pulau weh itu g bisa mbak.. soalnya itu pulau RONDO, dan di sana basisnya militer TNI karena pulau terluar.

      klo naik ferry 1 jam 30 menit.
      klo naik kapal cepat 45 menit.

      Hapus
  4. Salam kenal bung, Alhamdulillah saya sempat main ke Aceh setahun yang lalu. Menyelam di Sabang, subhanallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Bang,
      wah betapa beruntungnya, saya saja belum pernah nyelam di sabang :)

      Hapus

Start typing and press Enter to search