Wednesday, January 23, 2019

Giveaway Blogversary 4 Tahun Hikayatbanda


Diorama 4 Tahun bermain Blog,

Awalnya ingin bikin kaleidoskop akhir tahun seperti teman-teman blogger lainnya.

Apa daya, saya hanya blogger alay yang selalu bertempelkan koyo. Tak mungkin menarik. Apalagi perjalanan masih kurang jauh. Maka, jadilah saya berusaha menceritakan perjalanan saat memutuskan kembali  sebagai blogger selama lebih empat tahun belakangan ini. Semoga kamu, tidak bosan membacanya ya!


“Barang baru stock lama” begitu istilah yang pernah disematkan kepada saya, kala blog hikayatbanda.com ini mulai hidup. Blog, bukanlah barang asing bagi saya. Yang asing itu, istilah SEO dan kawan-kawannya. Maklum, dahulu ngeblognya di multiply. Yang kini, telah hilang ditelan bumi. Berserta seluruh isi cerita, foto, juga kenangan di dalamnya. Jika tak salah saya hitung, lima tahun lamanya saya blogging di multiply itu. Mulai dari tahun 2005 sampai akhir 2010.

Rentang waktu lima tahun kemudian, saya memilih menjalani hidup layaknya pemuda di desa. Melamar kerja, nikah, dan beranak. Jauh dari drama, jauh dari ke alay-an. Namun, dasar saya tak pernah bisa diam.


Tanggal 23 Januari 2015, sebuah postingan pertama dan nama blog muncul. Waktu itu masih free domain. Belum paham beli domain. Dan belum tahu, apa sebenarnya yang menarik untuk di tulis. Jadilah saya hanya menceritakan hal-hal yang “aneh”. Tak mengapa. Justru dari sanalah, saya akhirnya paham, jika saya begitu menyukai menulis di dunia maya. Mengaktifkan semua sosial media yang lama terbengkalai.

Mencari-cari teman blog MP, belajar dari setiap tulisannya. Buka-buka blog teman-teman di Aceh, belajar lagi. Begitu terus, sampai detik ini.
Ngeblog, memang mempunyai keasyikan tersendiri. Terserah, apapun itu tujuannya. Saat itu, tujuan saya hanya ingin membunuh kesuntukan di kota kecil di ujung sumatra. Syukur-syukur, tulisan tak seberapa mana ini, akan menjadi cerita klasik untuk masa depan.

Satu persatu mengenal kawan blogger keren se-Indonesia. Menjalin tali silahturahmi, tak malu bertanya mengenai blog. Hingga tak terasa, waktu telah berjalan sampai 4 tahun. Berat, namun menantang. Sulit, namun dirindukan.

Berawal dari pinjam Laptop dan Kamera,


Tak butuh waktu lama, sampai akhirnya saya memutuskan untuk berhenti kerja normal kantoran. Sepertinya kerja di mana saja, kapan saja, hanya dengan bermodalkan laptop, jaringan internet, dan kamera poket itu, asyik. Bismillah..

Saya masih ingat, kala itu, saya tak punya laptop. Masih meminjam laptop kerja ibu. Pun, tak ada kamera mirrorless yang kekinian. Hanya kamera poket canon dengan batterai alkaline, yang juga modal pinjam. Untuk handphone sendiri, juga bernasib tak jauh beda. Hanya tab murah. Asal sudah bisa terkoneksi dengan sosmed dan akun messenger, sudah cukup.


Pelan-pelan, Tuhan berbaik hati. Perjalanan memutuskan untuk belajar ngeblog-kembali- membuahkan sedikit rezeki. Walaupun belum bisa beli tiket garuda, dan terkadang sempak masih ngutang uang belanja istri. Paling tidak, keadaan benar-benar membuat tersenyum. Kehidupan keluarga ceria. Anak-anak memiliki jadwal jalan-jalan dengan ayahnya.

Satu persatu tawaran datang. Walaupun belum punya handphone mahal, paling tidak saya sudah mampu beli handphone android sendiri. Kamera mirrorless, tak penting harganya murah atau tidak. Yang penting, punya sendiri, kan? Pun begitu dengan laptop. Alhamdulillah.

Undangan trip, jalan-jalan sendiri, semuanya saya dedikasikan untuk menambah relasi dan menjadi silaturahmi dengan mereka yang sudah mumpuni dalam dunia per-blogger-an Indonesia. Tak jarang, saya belajar dengan yang lebih muda. Tak mengapa, ilmu.

Mimpi Yang menjadi Nyata


Tak ada usaha yang mengkhianati hasil, begitulah kata pepatah. Beberapa mimpi, menjadi kenyataan. Jika dahulu tak berani memimpikan ke bali, karena saya paham betul, dari aceh ke bali itu mahalnya luar biasa. Namun, Tuhan Maha Baik, melalui jari bang Bobby (virustravelling.com) dan alm. Bang Cumi (cumilebay.com), Bali berhasil didarati tepat setahun lalu bersama keluarga kecil saya.

Tak lama, undangan ke beberapa kota dan daerah di aceh dan luar aceh berdatangan. Belum se-intense teman lainnya yang di ibukota. Tak mengapa, toh ini saja sudah membuat saya bahagia. Danau sentarum, pulau Nias, Rawa singkil, Ketambe di Aceh Tenggara, sampai ke kawasan taman nasional gunung Leuser berhasil saya sambangi. Pulau Weh? Hampir setiap tahun. Alhamdulillah.

Benar-benar tak pernah menyangka (alhamdulillah) jika perjalanan hidup akan begitu naik turunnya. Niat saya menulis blog hanya ingin berbagi cerita tentang kampung halaman, aceh, menjadi sarana dari Tuhan untuk lebih lagi. Semoga tak terkesan takabur..

Kini, saatnya mengejar mimpi naik garuda, dan mengejar makkah di tahun 2020. Ntahlah, yang penting berusaha saja dulu. Toh, benar apa yang dikatakan oleh seorang ustad;

“Yang menaikkan dan menurunkan engkau adalah saudaramu” dan, ini benar adanya.

Terima kasih tak hingga saya, untuk semua sahabat blogger dan teruntuk pembaca/ pengunjung blog ini selama 4 tahun ini, rasa cinta saya untukmu, kawan!

pantai pasie saka di Aceh Jaya

Tanpa kalian, tak mungkin blog ini mampu bertahan. Tanpa kalian, tak mungkin bapak alay ini mampu menjajal satu persatu tanah di Aceh ini. ingin rasanya saya memberikan giveaway sederhana 

Happy Birthday to My blog!

Syaratnya gampang saja kok; 
  • Berikan Saran dan Kritik membangun lewat kolom komentar.
  • Sertakan data diri (cukup nama saja) dan salah satu akun social media kalian yang aktif.
  • Subscribe email aktif kamu untuk update pengumuman.
  • Follow (wajib) media sosial blog ini
  • Facebook Fanpage: https://www.facebook.com/hikayatbanda
  • Instagram: @yudiranda

Hadiahnya: 
1 Pcs Celana Ija kroeng warna putih
1 pcs syal motif gayo
2 pcs kopi Gayo Arabica (produk saya sendiri)

Paling Telat sampai tanggal 7 Februari 2019! Ikutan please...

click untuk perjelas gambar





75 comments:

  1. Happy Blogversary, Mas! Wah, blog ini jadi saksi dan perekam hostori perjalanan-perjalanan yang ada, ya. Ditunggu selalu postingan selanjutnya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap.. makasih banyak untuk supportnya mbak Sintia
      saatnya mengejar destinasi baru :D

      Delete
  2. Selamat atas konsistensinya selama empat tahun. Masa yang panjang dan tidak mudah untuk terus berkarya. Sebagai orang Aceh, rasanya bangga karena Hikayat Banda telah membuat Aceh makin "mendonya" :D

    Sarannya, coba dirangkum semua tulisan itu lalu buat buku. Atau Bang Mastah mau buat buku khusus tentang pesona wisata Aceh. Aiiih, pasti keren kali.

    Berjaya terus Hikayat Banda. *Kepal Tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak Ibnu.. amien amien untuk doanya..

      dan terima kasih banyak juga untuk masukannya, untuk perihal buku, pengen sih, tapi begitu trauma untuk hal itu hehe

      Delete
  3. Krue Seumangat,Sanah Helwa red:(selamat ulang tahun) hikayatbanda.com izinkan sy mengutip satu pantun baik,

    Pinang muda dibelah dua,
    Manik-manik mati dirembah
    Dari muda sampai ke tua
    Pengajaran baik jangan diubah

    Sy ingat pertama kali membaca hikayatbanda.com sekitar 2015 saat mencari informasi website mana yg menceritakan ttg Aceh dr sudut pariwisata. Dan saat itu sy menemukan blog receh ini, tapi menarik utk dibaca dg segmen pembaca aneuk jomblo. Kagum dg penulisnya yg gk tahunya senang memakai slogan sempak koyak. Asliiii... Gk sanggup ketawa.

    Harapannya semoga semakin rajin dalam menulis dan hikayatbanda makin informatif dalam mengirformasikan ttg pariwisata Indonesia. Hal paling berkesan saat mengerti salah kaprah saya selama ini ttg Tari Saman yg gk tahunya Ratoeh Duek pada Opening SEA Games. Salute!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha slogan sempak koyak itu datang seiring dengan waktu dan keadaan hahaha

      Terima kasih banyak bro, untuk semua kesetiaannya sampai dengan saat ini. semoga menang ya.. :)

      Delete
  4. Selamat bg atas keistiqomahannya selama empat tahun lamanya. Semoga tulisannya semakin bagus, kreatif, menarik dan tentunya mampu menginspirasi banyak orang.
    Semoga abang terus berkarya, karena saya terbilang baru sebagai penggemar tulisan2 abang namun dengan tulisan abang saya berasa telah ikutan menjelahi indahnya panorama Indonesia dengan sudut yang berbeda. Sebagai orang mahasiswa pendatang yang kuliah di Aceh, rasanya saya bangga karena seharusnya pemuda-pemudi yang lainnya harus mengikuti jejak abangπŸ˜„✊karena saya percaya bg dengan menulis dan membaca kita bisa memberikan kontribusi yang besar untuk sebagian orang tanpa kita sadari πŸ˜„
    Teruslah berkarya bg, keep istiqomah, jadikan kritik sebagai saran membangun dan abaikan lah mereka yang berusaha menjatuhkan mu✊ insyaallah jika ilmu yang bermanfaat di sampaikan ke banyak orang walaupun sedikit akan berkah dan menjadi pahala jariyah. Sukses Dunia & Akhirat ya bg✊😊

    Saran saya, saya berharap abang melakukan sosialisasi atau sharing Inspiratif untuk mahasiswa/mahasiswi di kampus seperti pelatihan menulis tingkat dasar atau bagaimana caranya memanfaatkan hobi menjadi hal yang produktif. Karena saya menyadari bahwa lingkungan sekitar saya minat bacanya sangat rendah dan berharap semoga dengan abang mengadakan sosialisasi ringan di warkop misalnya, akan menumbuhkan semangat pemuda Aceh.

    kurang dirangkum semua tulisan itu lalu buat buku. Atau Bang Mastah mau buat buku khusus tentang pesona wisata Aceh. Dan gak hanya itu bg pasti keren banget kalau hasil karya foto abang tersebut dipakai dalam produk umkm Aceh itu sendiri pasti bagus banget kaan. Wah wah hal ini tentu perlu kerja sama dengan umkm pasar bg. Supaya foto2 yang abang take yang super duper keren itu hasilnya bisa dirasakan semua orang.

    Salam dari saya Ermita Fatimah Hasibuan (ig: @mithafatimahhasibuan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuuuuh disarankan lagi buat buku.. siaaap! semoga trauma ini cepat ilang ya kak. Makasih banyak lho kak untuk semua masukan dan sarannya.. keren keren.. semoga menang ya kak!

      Delete
  5. Tak terasa sudah 4 tahun, awak ga ngerti mau kasih masukan apaan. Kerna hakikat membaca itu untuk dapat informasi. Kalok ga dapat info, ya paling mengumpat dalam hati saja. Semoga lekas naik Garuda Om, jangan yang ke Medan, ongkosnya masih jahat, jahat kalipun masa sampe 900. Kecuali disponsorin hahaha.
    Senang bisa mengenal penulis web ini. Kerna Hikayat Banda tak sekedar hikayat biasa saja. Saleum, @henrisinurat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha jadi selama ini kek mana? ada dapat nggak informasinya? :D

      makasih banyak bang untuk ungkapan hatinya

      Delete
  6. Kalau anak-anak, ini usia yang menggemaskan, ingin digudang-gudang terus....disayang-sayang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa... ini harus terus tumbuh rasa sayang2nya kak Ihan.. apalagi persaingan makin berat :)

      Delete
  7. Senang baca blog ini, selain detail alur ceritanya mengalir enak. Dan terasa banget karakter sang penulis dalam setiap postinganya. Kalau boleh saran bikin tulisannya soal mimpi terbang dengan Garuda. Sebar di socmednya tag socmednya mereka. Kali Aja nyangkut. Kemaren saya Naik Garuda keingetan Dirimu terus. Hahahaha. Good luck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha siaaap... insya Allah akan ditulis lengkap dengan sempak baru dan naik garudanya sekalian bang. jadinya komplit hehe

      Delete
  8. Halo mas, Salam kenal kalo belum kenalan hihi.

    Happy Blogversary mas. Seperti saya juga baru 1 tahun (dengan domain yang baru). Nanti ikutan juga ah bikin giveaway hohoho.

    Blog dan tulisannya sudah bagus, malah saya yang harus belajar dari sini nih.

    Perjalanan ngeblog from zero to hero sangat menginspirasi saya supaya lebih giat lagi dan serius blogging.

    Cheers,
    Ogie
    @_siogie (IG)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ogie.. salam kenal kembali and glad to know You
      kita satu grup wa kan ya? hehe
      terima kasih banyak untuk sanjungannya Ogie.. insya Allah dikau akan jauh lebih kereeeeen lagi

      Delete
  9. Selamat Ultah yang ke - 4 untuk blog nya. Do'a Terbaik , Wish You All The Best.

    Seneng banget bisa mengenal salah satu master blogger di Indonesia.

    Keep writing & terus lah berkontribusi untuk sharing . Karena apa yang kita tahu belum tentu orang tahu.
    Tetap Semangat yaa.

    Salam
    IG @ruswaticurly

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Iyus, duuuh saya belum masuk sebagai master blogger kak.. but thank you so much kak..

      Delete
  10. selamat Ultah yang ke-4 buat blogger sempak koyak eh maksudku Yudi Randa, buat aku pribadi blog ini udah keren banget, tulisannya informatif, apa adanya bukan ada apanya..:D, lebih sering update lagi tulisan terbarunya
    salam
    FB : Harie Khairiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha hai kak Khairiah..
      sempak itu begitu melekat ya kak? :D
      insya Allah tetap akan diusahakan update saban bulan dan sebisa mungkin update perminggu lagi seperti awal2 nulis dulu kak

      Delete
  11. shengri kuaile buat blognya bang Yudi, semoga tulisannya akan lebih banyak memberikan virus kebaikan buat kami anak muda. Uswah sendiri sebenarnya memiliki alasan yang sama buat nulis lagi blog, cuma ngilangin rasa suntuk yang teramat sangat. Jujur... sebenarnya Uawah gak peduli sama yang namanya blog, bahkan gak pernah buka link blog yang dikirim teman, gak pernah.... waktu pelatihan PPL pun Uswah juga gak terlalu dengerin apa yang abang bilang, abang jelasin, maaf ya bg :D , Tapi setelah iseng-iseng nulis diary di blog sendiri yang udah lama tidur, ternyata bisa melegakan dan menghilangkan suntuk. Kayaknya itu aja sih bg, Uswah juga belum lancar mainin blog, cara nge follow aja kemaren ribet. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Uswah.. selamat untukmu yang sukses membuat saya salut akan keberhasilanmu ke cina.. sebenarnya, uswah jauh lebih hebat dari saya yang hanya punya blog ini..

      Delete
  12. Kalau orang, 4 tahun itu lagi "lucu-lucunya", alias menggemaskan. Semoga begitu juga dengan blognya. Happy blogging anniversary. Keep writing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kak.. jadi ingat anak yudi hehe

      makasih banyak kak

      Delete
  13. Wah keren bang udah 4 tahun, moga tetap istiqomah bang :)

    ReplyDelete
  14. Selamat ultah buat blognya kak.. semoga semakin jaya dan menjadi jalan mewujudkan mimpi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Diane.. amien amien begitupun dengan dirimu, kak

      Delete
  15. Wah.. Selamat ulang tahun utk blognya.. Kilas balik perjalanan blognya keren.. Smg semakin byk kebaikan yang ditebar ya.. Mau juga ah ikut GA nya... πŸ˜€

    ReplyDelete
  16. Selamat atas pencapaiannya mas. Smg tetap memberikan inspirasi dalam dunia blog...

    ReplyDelete
  17. Wah, sama dong ya
    Tahun ini pun blog saya usianya 4 tahun.
    Tapi kalau soal pengalaman dunia blogging, saya masih kalah sama bang Yud.
    Selamat ulang tahun ya bang untuk blognya ;)

    Semoga terus bisa membagikan berita yang membangun lewat platform ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaaah nggak gitu lah bang Dairus, dikau malah lebih banyak jalan2nya.. salute euy

      Delete
  18. Kalau bayi, empat tahun sedang lucu-lucunya, sedang lasak-lasaknya. Tapi kalau Hikayat Banda makin eksis sebagai travel blog yang pemiliknya bermukim di ujung Utaranya Sumatera. Insya Allah ke depan semakin sukses brandingnya, Kak Yudi. Traffic juga semakin meningkat, dan pemiliknya semakin bahagia. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaaah uni malah tahu bahasa "lasak2nya" hahaha
      amien amin.. makasih Uni.. yudi selalu salute sama uni yang tetap eksis

      Delete
  19. Aku pngen jga kya masnya. Bsa krja dri blog. N suai passion

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieeen,. aku doakan semoga bisa dan berhasil lebih baik dari blog sederhanaku ini kak

      Delete
  20. Hai bang, salam kenal
    Kita bertemu di warung kopi milik kak Donna, Alhamdulillah akhirnya ketemu juga blognya bang.
    Ini kali pertama aku baca blog bang, biasanya ngider-ngider di sosmed ��. Kali pertama, kesannya seru ya jadi bang Yudi, santai sesantai bahasa yang digunakan dalam blog ini.
    Biar bisa sesederhana itu gimana sih caranya bang?
    Semoga tahun ini doa bang Yudi tercapai ya.
    Saya doakan semoga bang Yudi dan keluarga selalu bahagia. Sebahagia tiap orang yang baca blognya bang. ✌️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak.. salam kenal kembali hihihi
      nah aku bingung nih jawabnya. gimana ya? soalnya prinsip aku nulis sih, semudah aku berbicara kak. klo perlu banyakin tanda baca hehe

      Delete
  21. Saya baru setahun tersesat di blog ini, padahal udah empat tahun umur blognya..
    Semoga lebih panjang umur blognya ������
    Salam dari singkil bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien...
      insya Allah ke singkil lagi.. belum puas euy hahaha

      Delete
  22. Selamat berulang tahun untuk blog nya, semoga terus semakin baik dan semakin bermanfaat bagi orag banyak.

    Sarannya : Aceh jadi salah satu destinasi wisatawan manca negara, terkenal sebagai tempat surfing yang keren. So, saran saya buat artikel berbahasa inggris yang membahas tentang keindahan Aceh dan wilayah Indonesia lainnya

    Salam dari www.queendjo.com
    ig : @unikeke.bey

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih untuk doanya kak..
      bahasa inggris ya? insya Allah segera dilaksanakan kak. soalnya udah masuk dalam list kerjaan

      Delete
  23. Sebagai sesama Blogger Aceh, Aini salut dan sangat mengapresiasi Bang Mastah. Postinganmu selalu cetar. Dari kualitas gambar dan detail info yang Abang bagikan, nyaris sempurna kontennya. Namun sebab Abang berharap komentar yang mengandung kritik dan saran, baiklah. Aini kerap menemukan beberapa kesalahan penulisan dalam tata bahasa yang abang gunakan. Benar bahwa EBI tidak memberi pengaruh berarti bagi income kita peroleh melalui blog,tapi ada kesan sebel pada pembaca yang peduli pada hal ini. Kalau saja kedepan Abang bisa memperbaikinya, pelan-pelan, hingga tidak ada lagi di- yang seharusnya dipisah malah disambung atau sebaliknya, dan kerancuan kecil lain, Aini yakin setiap pembaca akan jatuh cinta dan ketagihan membaca semua postinganmu, Bang. Kita tentu bahagia dong jika bisa memuaskan semua pembaca. Jangan marah ya, ini cuma kritik dan saran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap.. alhamdulillah kini, (menurut saya) kesalahan eyd udah mulai jauh berkurang dan akan terus dikurangi semampu mungkin. mulai belajar juga sih sekarang.. dan paham, nggak enak rasanya baca klo salah eyd dan typo hehe

      Delete
  24. Selamat Ulang Tahun Blog HikayatBanda. Didoakan semoga 2020 ke Makkah. Katanya tahun itu udh selesai tuh renovasinya. Jadi engga ada lagi crane centang perenang.
    Salam kenal dari Bandung...

    ReplyDelete
  25. Happy forthversarry blognya Hikayat Banda. Sukses dan teruslah menulis. Mau itu menulis ganti sempak baru, atau menulis mimpi naik Garuda dan naik haji ke Mekkah, atau bahkan tulisan nyinyir yang bermanfaat, teruslah menulis.

    Tau ga sik, tiap baca blogmu, aku selalu ngebayangin bg Yudi yanh bercerita. Hahaha di meja warung nasi lemak ampe larut malam. Ngebayanginnya selalu begitu sik.. Hwahahahahaa

    Bg Yud, Chaya ada quotes yang dikutip dari The Alchemist, novelnya Paulo Coelho: Bermimpilah (kutambahi: tuliskanlah mimpimu sambil terus berpengharapan), maka sem3sta akan bersatu padu mewujudkannya. Just believe it bg Yud.. Sambil usaha juga tentunya.

    Ucettt panjang amir ini komen, intinya: syal tenun Gayo kudu buatku dan inti paling penting: Teruslah menjadi inspirasi dari Aceh dan sukses selalu bg Yudiiiiiiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeeeeeen... makasih ya butet!
      dikau tetap teman yang asyik untuk diajak ngopi dan bercerita apapun hahaha
      siaaap..
      aku akan terus berusaha konsisten

      Delete
  26. Selamat ulang tahun untuk blognya ya mas. Semoga tercapai 2020 ke Makkah.
    Selalu semangat menulis ya mas

    ReplyDelete
  27. Jadi terinspirasi saya sama konsistennya Kak Yudi dengan blog nya.. Tetap #SemangatCiee memberikan tulisan bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi padahal cuma alakadarnya lho kak Fenni :D

      Delete
  28. Selamat ulang tahun untuk blog-nya mas Yudi.

    Selama untuk mas Yudi yang konsisten ngeblog lewat Hiyakat Banda sampe 4 tahun ini dan tentunya bakal terus berlanjut ke tahun-tahun ke depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeen.. siaaap sampai kemampuan ini hilang dari tubuh, ya :)

      Delete
  29. Happy anniversary. Baca perjalanan blognya selama 4 tahun, cukup bikin saya kagum. Diawali dengan keterbatasan, kemudian bisa membuat blog begini 'hanya' dalam waktu 4 tahun mah keren. Sarannya paling semoga terus konsisten mebgisi konten. Kalau saya lihat, ada sebulan gak isi konten. Tapi, ada juga di bulan tertentu yang jumlah kontennya lumayan banyak :)

    Myra
    @ke2nai (IG)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeen... iya kak, beberapa bulan lalu, saya ditimpa musibah. di awal tahun lalu juga sama. begitulah keadaan sebenarnya. insya Allah akan tetap di jaga agar terisi

      Delete
  30. Assalamualaikum
    salam kenal Hikayat Banda dan pemilikinya tentunya, Bang Randa. Sejujurnya saya sudah lama mengenal Bang Randa melalui blog, postingnya foto di IG, dan hanya beberapa kali berjumpa di bberapa event di Banda Aceh.
    Sejak saya jadi mahasiswa tahun perdana di Unsyiah, saya tertarik jadi blogger. Tapi mungkin tidak konsisten sehingga blog saya pun panas dingin. hehe. Terkadang iri juga ngeliat blogger itu bisa selalu happy, terutama dengan tulisan yang ia tulis sendiri. Menjadikan blog itu sebagai rumahnya sendiri. Dijaga, dirawat, diperhatikan. Bang Randa salah satu panutan terbaik dalam dunia blogger.

    Selamat atas 4 tahun selalu menginspitasi Hikayat Banda. Semoga terus memberikan memotivasi dan pencerahan bagi pembacanya. Tak ada kritik sejauh saya mengenal Bang Randa di dunia maya. haha. Bantu doa bang semoga saya juga bisa bang Randa sebagai orang yang sukses jadi blogger. Amin!

    Keumala Fadhiela
    @faadhieladela (Instagram)
    keumalafadh.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeen..hihihi insya ALlah nanti pasti bisa kok.. nggak mesti nulis hal yang sama kan? asalkan tetap nulis aja hehe

      makasih banyak lho.. dan maafin saya klo saya kadang2 suka lupa nama atau lupa muka.. maklum sudah tua haha

      Delete
  31. Selamat ulang tahun, Hikayat Banda! Semoga terus semangat berkarya!

    ReplyDelete
  32. MasyaAllah Tabarakallah Yud, happy blogversary, semoga blog nya makin banyak menebar manfaat.
    4 tahun bisa konsisten berkarya itu hebat, jadikan setiap pengorbanan itu sebagai cambuk sukses.
    Saran yatna, buatkan album koleksi foto ragam destinasi wisata Aceh yg Yudi kunjungi, kalau bisa lengkap dgn rute perjalanan, dan menarik lainnya, bisa jadi buku panduan traveler deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien amien allahumma amin.. makasih banyak untuk saran dan masukannya Yatna
      sssip.. coba kita susun konsepnya dulu ya

      Delete
  33. Yaaaa, akhirnya, 4 tahun, dicerca sampai koyak sempak yaaa

    Thanks rakan rakan meutuah. Siap siap terima give away yaaa

    ReplyDelete
  34. Walau terlambat semoga tidak mengurangi makna selamat yang saya ucapkan mas. Sukses selalu di angka 4 tahun. Makin banyak karya dan semoga kita bersua...

    ReplyDelete
  35. Masya Allah tabarakallah,ceritanya menginspirasi sekali. hikayatbanda memang blog andalan yang disuruh baca sama teman-teman yang suka kepo tentang Aceh,tulisannya juga bagus dan mudah dipahami. Semoga Allah kabulkan do'a dan semua targetnya ya bang Allahumma Aamiin. Sukses terus hikayatbanda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieen allahumma amien.. saatnya ngikutin jejak CUt dan suami yang berhasil ke Turki

      Delete
  36. Aamiin yaa rabbal 'alamiin,semoga bisa sambilan umrah ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups.. tujuannya ya begitu.. jadi semuanya terkejar. semoga. Amien

      Delete
  37. Thanks for sharing, sukses terus..

    ReplyDelete

Hai... Terima Kasih sudah membaca blog ini. Yuks ikut berkontribusi dengan meninggalkan komentar di sini πŸ˜‰

082160247799

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search