Destinasi Wisata di Aceh

Unreachable, salah satu yang istilah yang tersemat untuk provinsi terbarat Indonesia ini. Namun, daerah yang pernah dirundung konflik sampai puluhan tahun ini, tetap memiliki pesona dan daya tarik wisata yang cukup layak untuk dikunjungi. Sebut saja, misalnya, Pulau Weh atau yang lebih di kenal dengan Sabang.  Panorama bawah laut pulau ini, disebut-sebut masuk dalam jajaran lima besar panorama bawah laut terindah di Indonesia.

Berikut ini adalah 7 TUJUAN DESTINASI WISATA DI ACEH, versi hikayatbanda.com tentunya ;
  • Sabang


Pulau weh atau yang lebih terkenal dengan sebutan Sabang ini, adalah pulau terbarat Indonesia. Pulau yang penuh dengan peninggalan perang dunia II ini, menyimpan begitu banyak tempat yang cukup layak untuk kamu kunjungi.

Destinasi Wisata di Aceh
Suasana di Pantai Iboih, Sabang

Mulai dari heritage peninggalan Belanda yang terletak di Kota Atas, benteng pertahanan atau bungker era perang Jepang, sampai panorama bawah lautnya yang masih cukup terjaga dan cantik

  • Banda Aceh

Destinasi Wisata di Aceh

Tidak sah ke Aceh bila tak berkunjung ke masjid raya Baiturrahman Banda Aceh. Begitu kata para pelancong. Dan, masjid yang menjadi ikon utama aceh ini, terletak tepat di tengah kota Banda Aceh, ibukota provinsi Aceh. selain terkenal dengan masjid raya Baiturrahman, kota Banda Aceh juga menghadirkan museum yang hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara. Museum Tsunami.

Destinasi Wisata di Aceh

Salah satu hal yang ditawarkan di kota yang luasannya hanya 61,3 KM2, adalah khasanah pelajaran tentang tsunami, beberapa situs warisan Islam masa lalu, serta kuliner!

  • Aceh Besar

Destinasi Wisata di Aceh

Bila sudah ke Banda Aceh, tak afdhol rasanya bila kamu tak mengunjungi pantai Lampuuk, Pucok Krueng Raba atau tempat wisata lainnya yang masih berdekatan dengan ibukota provinsi aceh. namun, tempat-tempat wisata tersebut terletak di kabupaten Aceh Besar. Jaraknya tak jauh, hanya sekitar 15 kilometer dari kota Banda Aceh.

Destinasi Wisata di Aceh

Di kabupaten ini juga terdapat spot snorkeling yang masih alami. Lagi-lagi, tak perlu jauh-jauh dari ibukota provinsi Aceh,  Pulau tuan namanya. ( baca di sini). Atau kamu juga bisa bermain ke air terjun kuta malaka, dan tempat menarik lainnya.

  • Aceh Singkil

Destinasi Wisata di Aceh

Dari semua kabupaten/kota di Aceh, saya sangat terkesan dengan kabupaten yang satu ini. Aceh Singkil, kabupaten ini berbatasan langsung dengan provinsi Sumatra Utara. Di kabupaten paling ujung utara provinsi Aceh, bukan saja memiliki laut atau pantai yang keren, Kepulauan  Pulau Banyak. Dan Rawa Singkil!

Pantai di Pulau Banyak
Destinasi Wisata di Aceh
kawasan rawa singkil

Saya suka menyebut rawa singkil sebagai The Little Amazon In Aceh. Di Sini, kamu benar-benar akan memasuki daerah lain. Antah berantah, lengkap dengan buaya liarnya. (cerita tentang rawa singkil)

  • Aceh Tenggara

Santai di pemandian Air Panas alami 
Dua tahun lalu, daerah yang berada di ujung tenggara Provinsi aceh ini, menjadi heboh. Pasalnya, seorang artis hollywood mengunjungi kawasan hutan di daerah ini. Leonardo Di Caprio. Seketika, kawasan Ekosistem Leuser yang sebagian berada dalam kabupaten Aceh Tenggara menjadi mendunia. Ketambe, desa yang masih dalam kawasan kabupaten ini, yang terdapat pusat penelitian orangutan Sumatra. 

Bukan itu saja, di dalam kawasan hutannya, kamu bisa mandi sungai yang ditengahnya mengalir air panas!

  • Aceh Tengah

Destinasi Wisata di Aceh
Sunset di Danau Lut Tawar
Bagi kamu pecinta kopi arabika Gayo, di sini adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Selain surganya kopi Gayo yang kini terkenal seantero dunia, kamu pun dapat menikmati pemandangan alamnya yang luar biasa.

Destinasi Wisata di Aceh
Air Terjun Menggaya
Aceh tengah pun, memiliki beberapa situ purbakala yang cukup tua di Indonesia. Di kawasan pinggir danau Lut Tawarnya, kamu dapat menikmati museum alam tempat ditemukannya manusia tertua di Indonesia. Tentunya, sambil menyeruput kopi coklat panas.

  • Aceh Selatan

Destinasi Wisata di Aceh

Deretan pasir putih membentang di pesisir baratnya. Di bagian timur, hutan, gunung, dan air terjun terpampang sempurna. Lekukan gunung membentuk jalur yang begitu indah untuk kamu nikmati sembari melepaskan lelah perjalanan panjang. Surga tersembunyi seperti Danau Laut Bangko juga tersedia. Tempat ini, cocok bagi kamu yang mencintai dunia petualangan tak biasa.


Destinasi Wisata di AcehLegenda Tuan Tapa serta lengkap dengan situs wisata Tapak kaki Tuan tapa, menjadi salah satu objek yang dapat kamu kunjungi jika kamu menyambangi kawasan selatan Aceh ini. oh iya, satu  lagi, sunsetnya, tak pernah gagal di sini!


Itulah beberapa objek wisata yang terdapat di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh. Ah, tenang saja, sampai hari ini, Aceh cukup aman untuk kamu kunjungi!