Monday, March 25, 2019

7 Tujuan Destinasi Wisata di Aceh Versi Hikayatbanda

Destinasi Wisata di Aceh

Unreachable, salah satu yang istilah yang tersemat untuk provinsi terbarat Indonesia ini. Namun, daerah yang pernah dirundung konflik sampai puluhan tahun ini, tetap memiliki pesona dan daya tarik wisata yang cukup layak untuk dikunjungi. Sebut saja, misalnya, Pulau Weh atau yang lebih di kenal dengan Sabang.  Panorama bawah laut pulau ini, disebut-sebut masuk dalam jajaran lima besar panorama bawah laut terindah di Indonesia.

Berikut ini adalah 7 TUJUAN DESTINASI WISATA DI ACEH, versi hikayatbanda.com tentunya ;
  • Sabang


Pulau weh atau yang lebih terkenal dengan sebutan Sabang ini, adalah pulau terbarat Indonesia. Pulau yang penuh dengan peninggalan perang dunia II ini, menyimpan begitu banyak tempat yang cukup layak untuk kamu kunjungi.

Destinasi Wisata di Aceh
Suasana di Pantai Iboih, Sabang

Mulai dari heritage peninggalan Belanda yang terletak di Kota Atas, benteng pertahanan atau bungker era perang Jepang, sampai panorama bawah lautnya yang masih cukup terjaga dan cantik

  • Banda Aceh

Destinasi Wisata di Aceh

Tidak sah ke Aceh bila tak berkunjung ke masjid raya Baiturrahman Banda Aceh. Begitu kata para pelancong. Dan, masjid yang menjadi ikon utama aceh ini, terletak tepat di tengah kota Banda Aceh, ibukota provinsi Aceh. selain terkenal dengan masjid raya Baiturrahman, kota Banda Aceh juga menghadirkan museum yang hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara. Museum Tsunami.

Destinasi Wisata di Aceh

Salah satu hal yang ditawarkan di kota yang luasannya hanya 61,3 KM2, adalah khasanah pelajaran tentang tsunami, beberapa situs warisan Islam masa lalu, serta kuliner!

  • Aceh Besar

Destinasi Wisata di Aceh

Bila sudah ke Banda Aceh, tak afdhol rasanya bila kamu tak mengunjungi pantai Lampuuk, Pucok Krueng Raba atau tempat wisata lainnya yang masih berdekatan dengan ibukota provinsi aceh. namun, tempat-tempat wisata tersebut terletak di kabupaten Aceh Besar. Jaraknya tak jauh, hanya sekitar 15 kilometer dari kota Banda Aceh.

Destinasi Wisata di Aceh

Di kabupaten ini juga terdapat spot snorkeling yang masih alami. Lagi-lagi, tak perlu jauh-jauh dari ibukota provinsi Aceh,  Pulau tuan namanya. ( baca di sini). Atau kamu juga bisa bermain ke air terjun kuta malaka, dan tempat menarik lainnya.

  • Aceh Singkil

Destinasi Wisata di Aceh

Dari semua kabupaten/kota di Aceh, saya sangat terkesan dengan kabupaten yang satu ini. Aceh Singkil, kabupaten ini berbatasan langsung dengan provinsi Sumatra Utara. Di kabupaten paling ujung utara provinsi Aceh, bukan saja memiliki laut atau pantai yang keren, Kepulauan  Pulau Banyak. Dan Rawa Singkil!

Pantai di Pulau Banyak
Destinasi Wisata di Aceh
kawasan rawa singkil

Saya suka menyebut rawa singkil sebagai The Little Amazon In Aceh. Di Sini, kamu benar-benar akan memasuki daerah lain. Antah berantah, lengkap dengan buaya liarnya. (cerita tentang rawa singkil)

  • Aceh Tenggara

Santai di pemandian Air Panas alami 
Dua tahun lalu, daerah yang berada di ujung tenggara Provinsi aceh ini, menjadi heboh. Pasalnya, seorang artis hollywood mengunjungi kawasan hutan di daerah ini. Leonardo Di Caprio. Seketika, kawasan Ekosistem Leuser yang sebagian berada dalam kabupaten Aceh Tenggara menjadi mendunia. Ketambe, desa yang masih dalam kawasan kabupaten ini, yang terdapat pusat penelitian orangutan Sumatra. 

Bukan itu saja, di dalam kawasan hutannya, kamu bisa mandi sungai yang ditengahnya mengalir air panas!

  • Aceh Tengah

Destinasi Wisata di Aceh
Sunset di Danau Lut Tawar
Bagi kamu pecinta kopi arabika Gayo, di sini adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Selain surganya kopi Gayo yang kini terkenal seantero dunia, kamu pun dapat menikmati pemandangan alamnya yang luar biasa.

Destinasi Wisata di Aceh
Air Terjun Menggaya
Aceh tengah pun, memiliki beberapa situ purbakala yang cukup tua di Indonesia. Di kawasan pinggir danau Lut Tawarnya, kamu dapat menikmati museum alam tempat ditemukannya manusia tertua di Indonesia. Tentunya, sambil menyeruput kopi coklat panas.

  • Aceh Selatan

Destinasi Wisata di Aceh

Deretan pasir putih membentang di pesisir baratnya. Di bagian timur, hutan, gunung, dan air terjun terpampang sempurna. Lekukan gunung membentuk jalur yang begitu indah untuk kamu nikmati sembari melepaskan lelah perjalanan panjang. Surga tersembunyi seperti Danau Laut Bangko juga tersedia. Tempat ini, cocok bagi kamu yang mencintai dunia petualangan tak biasa.


Destinasi Wisata di AcehLegenda Tuan Tapa serta lengkap dengan situs wisata Tapak kaki Tuan tapa, menjadi salah satu objek yang dapat kamu kunjungi jika kamu menyambangi kawasan selatan Aceh ini. oh iya, satu  lagi, sunsetnya, tak pernah gagal di sini!


Itulah beberapa objek wisata yang terdapat di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh. Ah, tenang saja, sampai hari ini, Aceh cukup aman untuk kamu kunjungi!

30 comments:

  1. Sedari dulu pengen ke Medan dan Aceh, tahun yang lalu malah tidak menyempatkan ke sana karena berbagai hal. Semoga tahun ini bisa mengagendakan ke sana. Kalau perlu naik GARUDA hahahahahhha

    ReplyDelete
    Replies
    1. asem hahahaha
      mesti gitu ke aceh naik garuda? :p
      coba rasain sensasi naik bus dari medan ke Aceh bang.. naik yang double deck bang

      Delete
  2. Unik dan lucu itu air terjun Menggaya. Sekilas ga kelihatan air terjunnya mana? Itu selokan yang aitnya berkelok saja terlihatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. dan sebenarnya ada air terjun gedenya Teh.. tapi terkesan biasa aja hahaha

      Delete
  3. Aceh indah banget yaa. Masih teringat pantai2 bagus, Padang rumput dimana ternak makan. Kulineran nyabjuarraa. Dibookmarked dulu ah. Siapa tau Ada rejeki kesana lagi. Sambil berdoa tiket pesawat turun. Apa lewat KL aja yak?

    ReplyDelete
  4. Aceh sudut2nya mempesona sekali..
    targetku Sabang dulu sama kota Aceh buat tahun depan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabang udah pas tuh bang Alan.. jangan hanya jelajahi lautnya aja, di jamin cepat bosan klo di sabang.. tapi jelajahi juga heritagenya bang

      Delete
  5. Pengin nyobain berendam di sungai air panas, seperti yang di Leuser itu. Tapi saya selalu bertanya-tanya, ada nggak sih cewek yang berendam di tengah sungai di alam terbuka gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bule rame kok kak Dyah.. dan mereka (ssst) pake pakaian renang kok.. toh di tengah hutan hehe

      Delete
  6. Subhanallah air lautnya bening banget. Bersih pula. Tapi kalau menjelajahi rawa dan ketemu buaya, ih ngeri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu yang saya syukuri di Pulau banyak adalah masih minimnya sampah kak.. lumayan jauh dan sepi sih.
      soal buaya di rawa singkil, itu jadi sensasi tersendiri hahaha

      Delete
  7. Kapaaaan saya bisa ke Aceh?
    Paling timur sudah, tinggal paling barat nih
    untuk saat-saat sekarang makin susah karena tiket makin muahaall

    hiks

    ReplyDelete
  8. Subhanallah, cantik banget pantainya di Pulau Banyak!

    Itu kalau mau main ke Pulau Banyak, berarti kita naik kapal kecil dari Aceh Singkil dulu ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada fery kok kak Himala.. baru setelah itu kita sewa boat untuk keliling pulau

      Delete
  9. Masih banyak PR nih saya di Aceh, PR untuk dikunjungi. Kayaknya Pulau Tuan ini boleh deh untuk kunjungan saya selanjutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu paling dekat bang. cuma selemparan batu dari uleele.. ntar di situ cuma bisa snorkeling aja

      Delete
  10. Pantai Iboih menarik perhatianku sekali, mantan bosku selalu bilang "Coba main ke Aceh, disana banyak yang bisa di explore". Kelar baca inu malah jadi langsung mengagendakan untuk liburan ke Aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabang memang cukup banyak destinasi wisatanya kak, mulai pantai, bawah laut, sampai heritagenya juga ada :)

      Delete
  11. Kalau mau ke Aceh, destinasi awalnya Banda Aceh ya mas yang ada bandara nya. Trus untuk mencapai daerah lain seperti Sabang, Singkil, dll itu adakah transportasi umum untuk traveller missqueen seperti saya ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, saya pernah nulis gimana cara murah main2 ke Aceh di beberapa postingan sebelumnya.
      klo dari jakarta, kakak boleh pilih terbang ke banda aceh, atau ke Medan kak.
      klo targetnya mau ke sabang, artinya kakak turun di banda aceh.
      klo mau ke singkil, kutacane/ketambe, kakak turunnya di medan kak.. lebih dekat dari medan soalnya. :)

      Delete
  12. Aku salah fokus sama foto-fotonya. Kereeen- kereeeen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak Nunung.. hehehe masih belajar kaka

      Delete
  13. Bawa aku sabang eh terbang bersamamu kak.. Nanti aku ke Aceh, ga mau tau, temani ke beberapa destinasi wisata ini ya bg Yudi. Ama kulinerannya juga. Hahahha *dilempar mie Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaaaap.. untuk butetku ini, apa sih yang nggak? makan mie ganja pun aku bawa! hahaha

      Delete
  14. Yang paling aku penasaran ke Pulau Rubi'ah itu loh Yud. Aku lihat foto-foto bawah lautnya cakep banget. Semoga saja bisa ke sana untuk snorkeling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo snorkeling sih kurang Teh, di sana memang harus diving baru puas. tapi nanti kita cari cara untuk teteh hehe

      Delete
  15. Karena Aceh luas, dan destinasi destinasi di atas saling berjauha, kayaknya butuh waktu seminggu kali ya di Aceh minimal, Kak Yudgi. Atau datang berkali-kali. Apapun lah, bisa Aceh memang wow banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau keliling nggak cukup seminggu Uni.. jaraknya lumayan jauh hahahaha..
      ya, ada baiknya datang minimal dua kali lah

      Delete

Hai... Terima Kasih sudah membaca blog ini. Yuks ikut berkontribusi dengan meninggalkan komentar di sini 😉

082160247799

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search