Hai semuanya! Pada kesempatan ini saya sedikit berbagi tentang spot wisata religi yang ada di Aceh. 
Berbicara tentang Aceh, tentu tidak akan terlepas dari nilai-nilai Keislaman. Dimana Aceh merupakan wilayah pertama yang menerima ajaran Islam di Nusantara. Dan menjalankannya secara kaffah kala itu.

Namun, di sini kita sedikit memutarkan kamera dalam konteks wisata. Tentunya terkait wisata religi. Seperti yang sempat dibicarakan oleh beberapa pembesar.
Membahas masjid, tentu tidak asing di wilayah yang memiliki mayoritas umat Islam. 

Di Aceh memiliki ribuan masjid. Berdasarkan data dari kemenag Aceh pada tahun 2015. Di Aceh memiliki 3.928 unit masjid. Kabupaten Aceh timur merupakan kabupaten terbanyak masjidnya yaitu 372 unit, kmudian Aceh Utara 328 unit dan Aceh Barat sebanyak 290 unit.Data ini dkutip dari GOAceh

Berdasarkan ribuan unit masjid tersebut. Terdapat beberapa masjid yang memiliki arsitektur paling indah. Serta beberapa unit masjid tersebut sangat mashur di Aceh.

Berikut beberapa masjid yang wajib kamu kunjungi jika  berkunjung ke Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman
Siapa sih yang tidak tahu masjid raya ini. Meskipun tidak datang langsung setidaknya pernah melihatnya di gambar. Keelokan arsitektur menjadikan masjid ini sangat menawan. Tidak sekedar itu, rumah ibadah umat muslim yang telah di renovasi hampir mirip dengan masjid Nabawi ini. Merupakan masjid tertua di Aceh.
 (Pemandangan Masjid Raya Baiturrahman dari samping)

Masjid raya Baiturrahman, dibangun oleh Sultan Iskandar muda pada tahun 1612 M. Masjid raya menjadi saksi bisu perjalanan bangsa Aceh dalam beberapa dekade.  Mulai dari masa kerajaan, masa penjajah, masa konflik, tsunami hingga masa kini.

Halaman masjid raya ini, jarang sekali terlihat sepi. Mungkin juga karena letaknya tepat ditengah pusat kota Banda Aceh. Sehingga sangat mudah dikunjungi oleh siapapun.

2. Masjid At Taqwa Kuta Cane
Sebuah masjid bergaya Eropa berdiri gagah di Ibukota Kabupaten Aceh Tenggara. Masjid ini bangun oleh masyarakat secara bergotong royong pada tahun 1956. Kemudian seiring perkembangan zaman masjid ini direnovasi sedemikian rupa. Hingga sang At-Taqwa menjadi begitu mempesona. 
Pesona arsitektur masjid At-Taqwa ini, menunjukkan pesona khas Alas dan Gayo. Sebagai suku yang mendominasi Aceh Tenggara. Tidak hanya arsitektur, masjid ini dilengkapi dengan teknologi modern seperti soundsystem. Sebagai sarana untuk menggemakan suara hingga keluar masjid.

 Bagi yang belum pernah ke Kuta Cane. Masjid agung ini menjadi salah satu spot wisata religi menarik di Aceh Tenggara. Persoal lokasi, masjid At-Taqwa terletak di pusat keramaian kuta Cane. Apalagi di depan At-Taqwa ini terdapat pusat kulinernya. Mari sisihkan waktu untuk menginjak kaki di  Cane.

3. Masjid Agung Al Makmur Meulaboh
Di sebelah barat selatan Aceh. Juga berdiri sebuah masjid yang tidak kalah gagahnya dengan masjid tempat lain.  Dengan lokasi yang strategis tepat di pinggir jalan lintas barat selatan Aceh ini. Menjadikan rumah ibadah ini mudah dikunjungi oleh siapapun, yang melintas ke wilayah ini. 
       (Gambar by Devarisma )

Pesona masjid terkesan berbeda dengan yang lain. Meskipun Bentuk kubahnya hampir sama. Namun, kubah mesjid ini memiliki warna yang merah bata. Sehingga menciptakan pesona yang menawan. Ditambah lagi dengan ukuran yang sangat memadai. Masjid ini mampu menampung hingga 7000 jamah. 

Masjid Agung Al Makmur memiliki jejak rekam histori yang panjang. Sejak tahun 1999,  mengalami renovasi berkali-kali hingga menciptakan pesona seperti sekarang. Tidak hanya itu, masjid ini menjadi saksi bisu ketika tsunami meluluh lantakkan Kota Meulaboh. 

4. Masjid Islamic Center Lhok Seumawe
Setiap masjid memiliki keunikan tersendiri. Termasuk fasilitas didalamnya. Seperti toilet, prasarana ibadah lainnya. Yang digunakan oleh pengunjung. Kesan yang paling saya di ingat di masjid islamic center adalah toilet perempuan. 

Toilet beserta tempat wudhu kaum perempuan  yang  sangat privat. Dibangun di bawah gedung masjid. Kamar mandi luas dan bersih. Saya sebagai pendatang kala itu. Merasa sangat nyaman menggunakan sarana masjid. 

Terlebih lagi, pemandangan anak-anak yang sedang membaca Alquran, murajaah atau stor hafalan. Menjadikan masjid ini begitu hidup. Mungkin ini keuntungan masjid yang difungsikan sebagai tempat belajar. Sehingga masjid tidak pernah sepi selain waktu shalat.

Islamic center ini, memang memiliki ragam fungsi. Untuk mengembangkan kajian Islam di bumi pasai ini. Sehingga tempat ibadah ini multifungsi sebagai rumah ibadah, laboratorium, Madrasah Diniah da perpustakaan. Dikutip dari Kumparan.

5. Masjid Keuchik Leumik

Nah, jika teman-teman ke Aceh. Salah satunya lagi masjid Keuchik Leumik yang gagah berdiri di samping sebuah sungai atau Krueng Aceh. Teupatnya di Gampong Lamseupeung Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh.

Masjid yang dibangun oleh Keluarga Haji Harun Keuchik Leumik ini. Bergaya timur tengah dan sentuhan gaya Masjid Nabawi. Relief dan kaligrafi mehiasi setiap sudut masjid. Pesona masjid ini telah menarik perhatian masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya. 

(Pesona relief kaligrafi masjid Keuchik Leumik)

Nah, inilah beberapa masjid yang sangat fenomenal di Aceh.  Meskipun ada banyak lagi masjid yang begitu mempesona diantara ribuan masjid lain. Mari ke Aceh untuk menikmati ragam destinasinya.