Hai readers! Hai November! 

Tidak terasa sudah akhir tahun saja. Apakabar liburan anda akhir tahun ini? 
Eits, masa pandemi akan segera berakhir, semoga. Kita semua pun bisa kembali menikmati desir pantai yang menakjubkan, bening air yang sejuk keluar dari hutan tropis Indonesia. Atau berbagai destinasi wisata yang lain yang ada di seluruh Indonesia. Baik itu tempat wisata alami maupun buatan manusia.

Saya sangat yakin teman-teman traveler, sudah punya list tersendiri untuk spot yang akan dikunjungi. Namun, di sini saya akan sedikit berbagi tentang salah satu kuliner sebagai pelengkap wisata anda jika menginjak kaki di Aceh, tepatnya di Kota Meulaboh.

Kota Meulaboh merupakan kota yang layak teman-teman kunjungi. Karena kota tua ini memiliki ragam destinasi menarik.


Jika Meulaboh identik dengan Kuphi khop. Maka pada kesempatan ini, ada kuliner yang menjadi menu menarik  lainya untuk di cicipi oleh pengunjung dari manapun. Yaitu kelapa bakar. Kelapa muda biasanya minuman yang asyik dinikmati ketika terik matahari menjamah bumi. Kelapanya di campur es atau sirup, sebagai minuman segar.

Namun, kali ini akan sangat berbeda. Kelapa muda dibakar lalu dicampur dengan rempah seperti jahe, serai, kayu manis, madu dan lain-lain. Minuman ini sangat enak dinikmati ketika musim hujan seperti sekarang. Karena dapat mehangatkan tubuh.

Sebagaimana kebiasaannya, sepanjang bulan yang berakhiran "ber" ini. Wilayah-wilayah tropis di muka bumi akan mengalami mendung seharian dan hujan berkepanjangan. Tidak terkecuali untuk wilayah barat Indonesia ini.

Namun, keadaan demikian tidak boleh menyurutkan semangat kita dalam beraktivitas. Pun, persoalan berwisata untuk mehibur diri. Menikmati liburan, tentu kuliner menjadi salah satu objek yang paling penting, untuk melengkapi pesona liburan kita.

Nah, Kelapa bakar ini salah satunya kuliner yang menjadi pelengkap liburan teman-teman. Selain itu kelapa bakar, menjadi minuman yang diburu saat musim hujan. Apalagi mengingat ragam khasiat yang terdapat di dalamnya.
         (Kelapa bakar Jahe merah)

Buat teman-teman traveler, yang sedang berkunjung ke Aceh di bulan November hingga Desember nanti.  Saya sangat  merekomendasikan untuk mencoba kelapa bakar ini. Sebagai untuk menambah stamina dan ion tubuh di musim hujan.

KHASIAT KELAPA BAKAR

Kelapa bakar tidak hanya sekadar minuman pehangat tubuh namun memiliki khasiat tersendiri. Sebagaimana kita ketahui bahwa minuman kelapa bakar ini telah di konsumsi dari masa kesultanan Aceh tempo dulu. Bahkan minuman legendaris ini juga dihidangkan untuk raja-raja.

Berikut beberapa khasiat kelapa bakar, yaitu :
1. Untuk antioksidan tubuh
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
3. Mengantisipasi masuk angin
4. Obat diabetes
5. Obat asam urat.

Kelapa bakar tidak mengandung bahan-bahan penyedap atau pewarna lainnya jadi sangat aman di konsumsi.

PENGOLAHAN KElAPA BAKAR
   (proses Pembakaran kelapa)

Kelapa muda yang masih segar, di kumpulkan lalu di bakar langsung dengan api yang besar. Setelah beberapa jam, kelapa diangkat. Setelah dingin, kulitnya di kupas seperti biasanya. Kemudian dibuka batoknya pada bagian atas. Kedalam air dan daging yang masih hangat dimasukkan beberapa rempah seperti jahe merah, serai, kayu manis dan madu. 
   (Menyeruput kelapa bakar Dek Ry di Sudut Kota Meulaboh)

Namun pemesanan juga bisa sesuai selera teman-teman. Ada beberapa pilihan menu yang ditawarkan. Seperti kelapa bakar alami, kelapa bakar jahe merah, kelapa bakar gula merah, kelapa bakar spesial dan lainnya.
  (Menu kelapa bakar di Warung Dekry Meulaboh)

Harganya juga bervariasi dari 10.000 hingga 25.000. Harga tersebut masih terbilang ekonomis, karena mengingat proses pembakarannya yang tidak mudah.

Sahabat traveler! Jika ingin menikmati kelapa bakar bisa didapatkan di beberapa sudut kota Meulaboh. Terdapat kedai khusus yang menjual kelapa bakar. 

Contohnya di Seuneubok, kedai ini juga terletak di jalan lintas Banda Aceh yang sangat mudah dijumpai. Ataupun di Mereubo, penjual kelapa bakar ini sudah bertahun-tahun. Namun hanya saat bulan puasa.
 (Baliho Kelapa Bakar Dek Ry di Meulaboh)

Jika bulan puasa kuliner ini sangat diincar oleh masyarakat. Minuman kelapa bakar ini menjadi menu spesial saat berbuka puasa. Maka tidak heran jika para penjual mengatakan saat bulan puasa kelapa bakar terjual hingga 200 butir setiap sore.

Mari ke Aceh untuk menikmati ragam kulinernya.