Ini Dia Cara Mudah Mendapatkan Tiket Murah Ke Aceh!

danau Lut Tawar di Aceh Tengah, terlihat seperti di New Zealand bukan? :D

“Ke Aceh/Banda Aceh itu mahal cuy! Sekali terbang bisa lebih satu juta! Kalau PP elu hitung aja sendiri”

Kalimat diatas paling sering saya dengar ketika saya mengajak beberapa teman untuk mengunjungi tanah kelahiran saya di ujung barat pulau Sumatra. Sebuah kota kecil dengan segudang sejarah kepahlawanan dan sedikit pemberontakan. Tapi, Aceh tetap menyimpan sejuta daya tarik yang akan membuat kalian betah untuk berlama-lama disini.
Bilang saja, pesona pantainya, lalu alam bawah laut pulau Weh, belum lagi ditambah dengan gugusan pulau banyak yang bisa membuat anda lupa kalau sudah waktunya anda beranjak kembali pulang.

Tapi, jadi pertanyaan sekarang, benarkah ke Aceh itu mahal? Saya jawab, bisa iya, bisa tidak. Iya mahal, bila penerbangan yang anda lakukan misalnya dari Jakarta – Banda Aceh menggunakan penerbangan regular semisal lion air dan garuda Indonesia. Semenjak harga minta dunia naik, minyak pesawat dari Jakarta ke Banda Aceh naiknya seperti tidak “sekolah”. Dulunya hanya rp.600.000an sekali jalan, sekarang bisa sampai Rp. 1.000.000 sampai Rp 2.000.000! 

Iya, saya paham kok, kalau dengan tiket segitu mendingan ke singaparna (Singapura) yang di seberang lautan sana kan? Belum lagi akomadasi selama di Banda Aceh, belum lagi makan-makannya! Wah bisa habis berapa tuh kalau ada seminggu saja di Banda Aceh dan sekitarnya. (Tahukah anda kalau ada trik biar bisa makan gratis di Aceh? tunggu ceritanya :D)

Tiket ke Banda Aceh tidak mahal, bila anda memang ingin sedikit berusaha lebih. Sekarang, air asia sudah beroperasi di Aceh. rute penerbangannya, semuanya ke luar negeri. Semisal, Kuala Lumpur, Singapura, Penang dan Jeddah. Sudah tahu dong kemana arah pembicaraannya? Yups, gunakan promo maksapai LGCC ini sebaik mungkin. Bisa-bisa penerbangan Jakarta ke Banda Aceh hanya Rp 800.000 saja! Bayangkan! Hampir setengah harga dari penerbangan regular bukan?

Berikut adalah print screen ketika saya iseng-iseng mencari penerbangan dari Jakarta-Banda Aceh. pada tanggal 14 oktober 2015 . catatan, kurs ringgit Malaysia terhadap rupiah hari ini adalah Rp 3.318 per ringgit Malaysia.

 
tiket penerbangan Air Asia dari Jakarta Ke Kuala Lumpur tanggal 14 oktober 2015


penerbangan dari kuala lumpu ke banda aceh dengan Air Asia pada tanggal 15 oktober 2015



Nah, sekarang lihatlah harga tiket penerbangan regular, rata-rata di atas satu juta rupiah. Kalau naik pesawat BUMN Indonesia harganya bisa hampir menyentuh angka Rp 2 juta loh!

Penerbangan reguler, ini hanya sebagian yang bisa di print screen, yang dibawahnya lebih parah lagi :D
  •    Penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur pada 14 oktober 2015 adalah Rp 414.500
  •    Penerbangan Kuala Lumpur-Banda Aceh pada tanggal 15 oktober 2015 (promo) adalah 116 ringgit malaysia ( Rp 385.000)
  •    Total Jakarta ke Banda Aceh via Kuala Lumpur adalah Rp 799.500 (waktu tempuh hampir 24 jam)
Penerbangan regular Jakarta – Banda Aceh adalah Rp. 1.050.000 (tergantung maskapai) waktu tempuh 4 jam.


Iya, iya saya tahu, kalian mau bilang apa. Banyak waktu yang terbuangkan? Kalau biasanya naik pesawat regular hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari Jakarta-Banda Aceh. tapi, bila naik pesawat AA ini anda harus menghabiskan waktu hampir 24 jam. Tapi, bukankah bagi anda seorang backpackers ini adalah sebuah keuntungan double? Ke Aceh sekaligus mampir main-main ke Malaysia (walaupun dibandaranya doang hehe)? Atau anda juga bisa membuat ittenary di Kuala Lumpur dulu. Puas disana, lalu ke Banda Aceh via Kuala lumpur. Hmm… sepertinya tidak ada salahnya mencoba bukan?


Jadi tunggu apa lagi? Sampai ketemu di Banda Aceh ya!

Yudi Randa

Saya, menyukai dunia travelling, Mencintai membaca, Mencintai duduk bersama keluarga sembari menikmati secangkir kopi, menyenangi berbagi bersama. Bisa di Hubungi di yudi.randa@gmail.com

22 komentar:

  1. ikan bilih danau laut tawar di takengon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ikan depik kali ya maksudnya :)

      Hapus
  2. Mesti tambah waktu sehari tapinya ya Mas supaya bisa lebih murah Rp200k dan dapat pengalaman menjejak tanah Kuala Lumpur, atau bercerita soal semalam di bandaranya :hihi. Seru, seru. Kalau saya ada kesempatan dan waktu liburan yang lumayan panjang dengan banyak waktu luang, bolehlah, tapi dengan waktu yang irit dan destinasi di Aceh yang tentunya banyak, agaknya untuk sekarang ini saya pilih direct flight saja dulu :haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya pas saya coba search timingnya nggak pas, nggak ada yang dari kl berangkat sore ke banda acehnya. semuanya ke pentok jadwalnya. makanya harus saving 1 hari. tapi lumayankan bang gara? ke aceh udah kayak mau ke LN hehehe
      klo ada banyak duit direct flight ya pilihan yang cocok hahaha

      Hapus
  3. Balasan
    1. bukannya abang selalu muter2in hatiku? :p #halah

      Hapus
  4. hmm.. perjuangan banget ya buat dapat tiket murah. tapi pengen ke Aceh

    jgn lupa mampir ke blog alay aku ya kak di www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha no pain no gain katanya mas budi hehehe

      tapi g ada salahnya di coba mas, sekalian jalan2 ke malaysia :D
      intinya mah, klo ke aceh dan pengen murah kudu harus pake paspor haha

      Hapus
  5. caranya boleh diikutin juga mas :D

    BalasHapus
  6. Banyak jalan menuju Aceh ya Sobat Yudi..Kalau gak bisa langsung ke sana, cari aja tiket ke luar negeri. Ceritanya sekali beli tiket dua kota terlampaui :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mbak Evi. banyak jalan menuju roma, maka selalu nyari jalan lain untuk ke aceh. walaupun harus pake paspor sekalipun hehehe

      Hapus
  7. Aku pengen ke Aceh... Moga tahun depan kesampaian yaa... aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.. horeeeee kak dee ke aceh juga.. klo jadi ke aceh kabar2in ya kak :)

      Hapus
  8. Jadi inget, dulu saya masuk ke Aceh juga via Kuala Lumpur. Sedangkan pas keluar Acehnya menuju Medan pakai bus. Sepertinya memang lebih ramah di kantong pakai pesawat Jakarta - Medan dan dilanjut naik bus Medan - Aceh ya?

    Kalau dari Jakarta memang hanya maskapai BUMN itu aja kayaknya yang melayani rute Jakarta - Aceh. Jadi sedih juga dan sekaligus miris. Masak ya nggak ada maskapai lain yang "berani" buka rute ke Aceh ya? Padahal promosi wisata ke Aceh sudah gencar dan obyek wisata alamnya juga nggak kalah dari Indonesia Timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ada juga si Singa , tapi yaa harganya tetep di atas sejuta :D
      sebenarnya dulu ada banyak maskapai, tapi pada akhirnya mereka sekarang bye bye hahaha

      Hapus
  9. Bang Yudi butuh no pasporku dan nama lengkap? katanya mau beliin tiket

    *kalo beneran kejadian, sesuai judul tulisannya "CARA MUDAH" hahahaha.

    Eh tapi bener, via KL jauh lebih murah, sudah dibuktikan sama adik temenku yang tahun lalu ke Aceh dan Sabang via KL. Mantaaaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayyah... harusnya Om yayan yang undang saya ke batam.. pengen loh om kesana.. siapa tahu banyak rembulan disana huhuhuhu

      Iya, secara hitung2an memang murah, dan ternyata ada beberapa jadwal yang cocok antara jakarta kl dan banda aceh

      Hapus