danau Lut Tawar di Aceh Tengah, terlihat seperti di New Zealand bukan? :D

“Ke Aceh/Banda Aceh itu mahal cuy! Sekali terbang bisa lebih satu juta! Kalau PP elu hitung aja sendiri”

Kalimat diatas paling sering saya dengar ketika saya mengajak beberapa teman untuk mengunjungi tanah kelahiran saya di ujung barat pulau Sumatra. Sebuah kota kecil dengan segudang sejarah kepahlawanan dan sedikit pemberontakan. Tapi, Aceh tetap menyimpan sejuta daya tarik yang akan membuat kalian betah untuk berlama-lama disini.
Bilang saja, pesona pantainya, lalu alam bawah laut pulau Weh, belum lagi ditambah dengan gugusan pulau banyak yang bisa membuat anda lupa kalau sudah waktunya anda beranjak kembali pulang.

Tapi, jadi pertanyaan sekarang, benarkah ke Aceh itu mahal? Saya jawab, bisa iya, bisa tidak. Iya mahal, bila penerbangan yang anda lakukan misalnya dari Jakarta – Banda Aceh menggunakan penerbangan regular semisal lion air dan garuda Indonesia. Semenjak harga minta dunia naik, minyak pesawat dari Jakarta ke Banda Aceh naiknya seperti tidak “sekolah”. Dulunya hanya rp.600.000an sekali jalan, sekarang bisa sampai Rp. 1.000.000 sampai Rp 2.000.000! 

Iya, saya paham kok, kalau dengan tiket segitu mendingan ke singaparna (Singapura) yang di seberang lautan sana kan? Belum lagi akomadasi selama di Banda Aceh, belum lagi makan-makannya! Wah bisa habis berapa tuh kalau ada seminggu saja di Banda Aceh dan sekitarnya. (Tahukah anda kalau ada trik biar bisa makan gratis di Aceh? tunggu ceritanya :D)

Tiket ke Banda Aceh tidak mahal, bila anda memang ingin sedikit berusaha lebih. Sekarang, air asia sudah beroperasi di Aceh. rute penerbangannya, semuanya ke luar negeri. Semisal, Kuala Lumpur, Singapura, Penang dan Jeddah. Sudah tahu dong kemana arah pembicaraannya? Yups, gunakan promo maksapai LGCC ini sebaik mungkin. Bisa-bisa penerbangan Jakarta ke Banda Aceh hanya Rp 800.000 saja! Bayangkan! Hampir setengah harga dari penerbangan regular bukan?

Berikut adalah print screen ketika saya iseng-iseng mencari penerbangan dari Jakarta-Banda Aceh. pada tanggal 14 oktober 2015 . catatan, kurs ringgit Malaysia terhadap rupiah hari ini adalah Rp 3.318 per ringgit Malaysia.

 
tiket penerbangan Air Asia dari Jakarta Ke Kuala Lumpur tanggal 14 oktober 2015


penerbangan dari kuala lumpu ke banda aceh dengan Air Asia pada tanggal 15 oktober 2015



Nah, sekarang lihatlah harga tiket penerbangan regular, rata-rata di atas satu juta rupiah. Kalau naik pesawat BUMN Indonesia harganya bisa hampir menyentuh angka Rp 2 juta loh!

Penerbangan reguler, ini hanya sebagian yang bisa di print screen, yang dibawahnya lebih parah lagi :D
  •    Penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur pada 14 oktober 2015 adalah Rp 414.500
  •    Penerbangan Kuala Lumpur-Banda Aceh pada tanggal 15 oktober 2015 (promo) adalah 116 ringgit malaysia ( Rp 385.000)
  •    Total Jakarta ke Banda Aceh via Kuala Lumpur adalah Rp 799.500 (waktu tempuh hampir 24 jam)
Penerbangan regular Jakarta – Banda Aceh adalah Rp. 1.050.000 (tergantung maskapai) waktu tempuh 4 jam.


Iya, iya saya tahu, kalian mau bilang apa. Banyak waktu yang terbuangkan? Kalau biasanya naik pesawat regular hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari Jakarta-Banda Aceh. tapi, bila naik pesawat AA ini anda harus menghabiskan waktu hampir 24 jam. Tapi, bukankah bagi anda seorang backpackers ini adalah sebuah keuntungan double? Ke Aceh sekaligus mampir main-main ke Malaysia (walaupun dibandaranya doang hehe)? Atau anda juga bisa membuat ittenary di Kuala Lumpur dulu. Puas disana, lalu ke Banda Aceh via Kuala lumpur. Hmm… sepertinya tidak ada salahnya mencoba bukan?


Jadi tunggu apa lagi? Sampai ketemu di Banda Aceh ya!