Foto abang Zulfan yang sempat bikin heboh teluk jantan. rupa2nya perlu timing dan kemampuan yang tepat untuk bisa mendapatkan moment seperti ini. Halah hai abang zulfan hihihi, (source)
Salah seribu kelebihan pantai sebelah barat Aceh adalah pasirnya yang putih, berkombinasi dengan megahnya bukit serta pengunungan yang hijau. Terkadang pantai itu tersembunyi dibalik bukit. Butuh tenaga dan waktu khusus untuk bisa mencapainya. Atau, ada juga yang terpampang bak permadani biru laut berbaur dengan putihnya pasir. Seketika rasa galau akan sirna saat melihat indahnya alam menyusun dirinya.

Terhitung sejak Tsunami menghantam, banyak pantai-pantai di pesisir barat Aceh berubah bentuk. Ada yang tadinya “biasa” saja menjadi luar biasa! Ada yang tadinya tidak dikenal oleh masyarakat luas, kini menjadi primadona. Ya, bisa dikatakan tsunami bukan hanya membawa bencana. Tapi juga membawa berkah. Buktinya, banyak pria jomlo yang akhirnya bertemu jodohnya karena terkesan menjadi hero kala menyelamatkan gadis cantik yang terbawa arus air. #eh

Perjanjian damai antara Gerilyawan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM dengan Pemerintahaan Republik Indonesia. Juga ikut andil dalam menyumbang maraknya penemuan “harta karun” yang tersembunyi di Aceh. tadinya, beberapa tempat sangat tidak aman untuk didatangi, karena bisa jadi tempat tersebut adalah markas dari para kombatan Gam ataupun wilayah perang. Tapi kini? Para lajang banyak yang mengadu nasib membuang galau di beberapa pantai keren di pesisir Aceh.

Pantai ini memang masih jarang ada wisatawan yang datang, makanya didatangi oleh para penguasa setempat di pantai Teluk Jantang Aceh Besar
Pantai Teluk Jantang salah satunya. Percaya tidak percaya, si gadis dari barat ini, dulunya buruk rupa. Pasir putihnya bercampur lumpur tambak dan ranting kayu. Tapi ketika tsunami menghadang, berubahlah wajahnya. Tak ada lagi jerawat yang bersemi diwajahnya. Tak ada lagi murung dan galau karena tak laku dihadapan para pria. Pantai indah ini menjadi pendatang baru dalam kancah pantai keren di Aceh! (makin kesini kok makin aneh ya? Mungkin saya lapar)
*****
Letaknya cukup tersembunyi-bila tidak ingin dikatakan susah dicari-karena berada dalam himpitan dua bukit #ehem. Tenang, bukannya saya ingin mengajak anda mesum. Karena akhir-akhir ini, kata-kata “mesum” menjadi permasalahan dalam pariwisata Aceh. tempat ini, tidak seperti yang anda bayangkan. Jika dilihat dari foto, tempatnya cukup tersembunyi, tenang, jauh dari kebisingan kota, bisa tempat indehoy sama pacar. Cukup! Anda telah tertipu oleh foto di atas.

Banyak yang bilang, kalau tempat ini cocok untuk mesum. Pertanyaannya adalah, bila tempat itu sama seperti Pantai Lampuuk yang terhampar luas dan ramai masyarakatnya, apa mungkin bisa mesum? Kalau orang Aceh bilang, “meusom manteung payah, peu lom mesum?!” (Sembunyi saja susah, apalagi mesum?).

tenangnya pesisir pantai Teluk Jantang Aceh Besar

Pantai ini, memang eksotik. Dia terbentuk menjadi cantik karena tsunami, paling tidak, begitulah tutur kata tetua kampong yang saya temui ketika disana. Garis pantainya melengkung, tanpa perlu ditambah dengan lengkungan cakrawala yang menghampar biru. Pasirnya, tak kalah putih dengan pasir putih di pantai lampuuk, ditambah lagi rindang pepohonan dan nyiur yang melambai-lambai manja. Ah, memang tak salah kalau tempat ini jadi tempat bulan madu kedua #semakin lapar, tambah ngawur.

Perjalanan yang panjang dari Banda Aceh, lelah dan penat yang menyatu di tubuh anda akan lunas terbayarkan oleh seluruh pemandangan eksotis ini, jadi? Masih galau? Baiklah, saya paham deritanya menjadi jomlo lalu menggalau karena skripsi yang belum kelar.#hehe

Bagaimana kalau saya ajak untuk tracking manis. Untuk menikmati sisi lain dari Teluk Jantang?

Dari pintu masuk pantai/teluk, setelah anda beristirahat tentunya dipinggir pantainya, arahkan kaki anda ke sisi selatan. Berjalanlah sampai ketepi bukit. Bayar 5000 rupiah, dan, trackinglah dengan manis tanpa perlu susah payah. Dulu, untuk mencapai kesisi sebelah bukit bisa dilalui dengan kenderaan bermotor, tapi setelah tsunami, tempat ini tiba-tiba putus begitu saja.

Sesampainya diatas bukit, bila kalian beruntung, sebuah pemandangan teluk yang beraffliasi dengan teduhnya nyiur akan tersaji dengan spektakuler. Saya sendiri sampai bingung, inikah hasil maha karya sebuah bencana dahsyat yang meluluh-lantakkan Aceh sampai tak bersisa? Lagi dan lagi, Tuhan itu maha Adil. Teluk kecil nan nyaman ini cocok untuk kalian, para penyendiri yang ingin meratapi keadaan diri. Ya seperti saya ini, beranak dua, beristri satu, tapi hanya menjadi ayah panggilan.

Tepian teluk kecil dari teluk jantang ini, berpasir sedikit kasar, berbatu cadas pada hamparan pantainya, tapi, itu semua menyisakan sebuah keindahan tersendiri. Seolah, pantai ini benar-benar tersembunyi. Walaupun pada akhirnya, semua telah bisa menikmatinya. Termasuk kalian, yang jomlo!

kalau kalian sudah ketemu sisi bukit ini, maka naiklah dari sisi bukit tersebut.
nah, ini dia jalur tracking manis manja grup di pantai Teluk Jantang Aceh Besar

pantai Teluk Jantang Aceh Besar


pantai Teluk Jantang Aceh Besar

  • Saran saya, bila ke sisi lain dari Teluk Jantang ini, datanglah pada musim angin timur. Sekitar bulan Februari sampai Juli. Angin yang bertiup sepoi-sepoi, semakin meneduhkan ombak yang bergulung. Datanglah dikala pagi hari. Ketika matahari baru naik sepenggalan. Dan, saksikanlah sebuah kehebatan yang luar biasa dari keberkahan musibah tsunami lalu! Kalau anda mendatanginya kala musim angin barat! Maka bersiaplah anda tertipu oleh photo keren dari teluk ini! Satu lagi, Resiko menjadi malas pulang, silahkan tanggung sendiri!!

  • How to get there: Dari Banda Aceh arahkan kenderaan anda ke jalan Banda Aceh-Meulaboh. tepatnya di Desa Jantang,  Meunasah Krueng Pasie Kala, Kecamatan Lhoong Aceh Besar. Bila masih sulit menemukan letak tepatnya, carilah Pertambangan Lhoong Mining, yang kini telah ditutup, ada di pinggir jalan, tanya saja dengan masyarakat sekitar, lorongnya masuk ke tepi pantainya dimana. Pasti ketemu kok!

kayaknya memang saya kena tipu ama ini pantai Teluk Jantang Aceh Besar hahaha.. 

Sampai ketemu di  Pantai Keren Teluk Jantang ya guys!

Yr