Tujuan Wisata Budaya Di Kota Solo “Keraton Surakarta Hadiningrat”

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dapat kamu jadikan tujuan wisata. Kota Solo memiliki kekayaan seni budaya yang unik dengan ciri khas kebudayaan Jawa yang kuat. Kunjungan ke kota tersebut dapat menjadi satu paket kunjungan kamu ke Yogyakarta karena jarak yang tidak begitu jauh.

Salah satu tema wisata yang menarik ketika mengunjungi Solo adalah kunjungan wisata dengan tema budaya, selain itu wisata belanja juga tidak kalah menarik mengingat Solo memiliki banyak produk batik yang khas dan menarik. Salah satu tujuan wisata bertema budaya yang dapat kamu jadikan tujuan kunjungan adalah keraton surakarta di solo yang merupakan bagian penting dari perkembangan budaya masyarakat Jawa di Jawa Tengah.

Sejarah Keraton Surakarta Hadiningrat

Tujuan Wisata Budaya Di Kota Solo “Keraton Surakarta Hadiningrat”

Keraton Surakarta Hadiningrat (sumber : keraton.surakarta.info)

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan istana yang digunakan sebagai pusat pemerintahan Kasunanan Surakarta. Keraton ini terletak di kota Surakarta dan didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak karena Geger Pecinan tahun 1743. Keraton Surakarta Hadiningrat didirikan pada tahun 1744 dan masih digunakan hingga saat ini sebagai tempat tinggal raja sebagai bagian dari tradisi kerajaan serta menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi kerajaan.

Ada berbagai macam koleksi benda bersejarah terkait budaya Jawa seperti gamelan dan pusaka keraton serta koleksi hadiah dari berbagai kerajaan di Indonesia dan juga raja – raja dari Eropa. Karena alasan itulah kamu dapat mempelajari banyak hal terkait sejarah dan budaya Jawa di Surakarta dengan mengunjungi Keraton Surakarta.

Arsitektur Keraton Surakarta

Tujuan Wisata Budaya Di Kota Solo “Keraton Surakarta Hadiningrat”

(Sumber : www.telusurindonesia.com)

Bangunan Keraton Surakarta merupakan salah satu ikon arsitektur bangunan tradisional Jawa. Bangunan eksotis tersebut dirancang oleh beberapa arsitek; salah satunya adalah Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergear Sultan Hamengkubuwana I yang juga merupakan arsitek utama Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Karena alasan itulah terdapat banyak kemiripan pada desain dan tata ruang dari Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Terdapat beberapa bagian dari Keraton Surakarta yang dapat kamu kunjungi seperti kompleks Alun – alun Utara dan Selatan, kompleks Siti Hinggil Utara dan Selatan hingga kompleks Sri Manganti. Benteng Baluwarti yang mengelilingi kompleks keraton juga termasuk obyek menarik yang dapat kamu kunjungi.

Beberapa Hal Unik Di Dalam Keraton Surakarta

Kamu dapat menjelajah kompleks di dalam keraton dengan membeli tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Jika kamu ingin menjelajah isi kompleks Keraton Surakarta; maka sebaiknya mengenakan sepatu dan pakaian sopan berupa celana panjang atau rok panjang. Pengunjung museum yang mengenakan sendal disarankan untuk melepas sendal dan menjelajah dengan bertelanjang kaki. Sedangkan jika kamu mengenakan celana pendek maka akan dipinjami kain serupa jarik yang akan menutup kaki. Kamu yang menjelajah Keraton Surakarta dapat pula mengunjungi Masjid Agung Surakarta dan melanjutkan kunjungan dengan wisata belanja dan kuliner di Pasar Klewer.

Tertarik untuk berwisata ke Solo?

Kalau kamu tertarik untuk wisata ke Solo, jangan lupa untuk memilih penginapan atau hotel yang murah dan nyaman, agar dompet kamu aman. Hotel murah di Solo dengan kualitas layanan dan kenyamanan berkelas dapat kamu temukan dengan mudah. Salah satunya melalui AiryRooms, terdapat beberapa pilihan lokasi hotel AiryRooms yang dapat dipilih. Airy Stasiun Balapan, Airy Ngarsopuro dan Airy Sukoharjo dapat menjadi pilihan saat kamu mengunjungi kota Solo.

Tujuan Wisata Budaya Di Kota Solo “Keraton Surakarta Hadiningrat”

Hotel atau penginapan murah yang nyaman dengan rentang harga mulai 180 ribu hingga 240 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)bisa kamu peroleh di AiryRooms. Pilihan lokasi menginap dapat ditentukan berdasarkan anggaran biaya akomodasi serta tujuan-tujuan wisata yang ingin didatangi selama menjelajah kota Solo. Selamat jalan-jalan di Solo ya!


Yudi Randa

Saya, menyukai dunia travelling, Mencintai membaca, Mencintai duduk bersama keluarga sembari menikmati secangkir kopi, menyenangi berbagi bersama. Bisa di Hubungi di yudi.randa@gmail.com

12 komentar:

  1. Warna kamar hotelnya kalerpul :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bikin cepat gituan nggak bang? :D

      Hapus
  2. Yaah, kratonnya mirip-mirip jogja gitu lah ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih.. dulu sempat ke solo dan solo punya cerita hebat :)

      Hapus
  3. Kalau ada kesempatan ke Solo bisa dicoba untuk AiryRooms-nya. Sepertinya bersih dan harganya lumayan terjangkau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien.. semoga bisa kesana lagi

      Hapus
  4. Parah saya belum pernah ke keraton solo... padahal deket loh sama Jogja. Kapan-kapan lah main, kali ini baca-baca dulu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu kan cuma 45 menit naik kereta ke solo mbak hehehe

      Hapus
  5. Klo ke solo asiknya tuh wisata kulineran, enak2 disana makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju mbak.. Tp porsinya dikit banget hahaha

      Hapus
  6. Solo.. Selalu ngangenin suasananya. Rame, tapi nggak terlalu bising seperti Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya setuju! tempatnya lebih tenang.. sayangnya, hari ini issuenya solo kena bom lagi ya? :(

      Hapus