Banyak Jalan Ke Pulau Banyak, Aceh Singkil

Wisata Aceh Singkil
Pelabuhan Jembatan Tinggi kota Singkil
foto : bang Arie Yamani
Saya sempat stress ketika dikatakan kalau ke Pulau Banyak yang terletak di kabupaten Aceh singkil ini harus ditempuh dengan jalan darat selama 16 jam. Belum lagi, kita diharuskan menyeberang dari Jembatan Tinggi kota Aceh Singkil ke Pulau Balai yang akan memakan waktu selama 4 jam. Itupun bila cuaca laut bagus atau bersahabat.


Dalam hati saya bertanya-tanya, Pulau Banyak ini, sebenarnya masih di provinsi Aceh atau sudah masuk Negara lain sih? Jaraknya yang cukup jauh bila dihitung dari ibukota provinsi Aceh, ternyata tidak membuatnya menjadi terasingkan. Hal ini terbukti, dengan terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke kabupaten terbarat Aceh. 

Perjalanan panjang yang saya tempuh bersama keluarga ternyata memang layak. Pemandangan yang spektakuler tersaji begitu saya menginjakkan kaki di pulau Balai. Bahkan, ziyad dan bilqis, kedua anak saya, sampai hari ini masih ingin kesana lagi. Lalu kamu, kapan?

Setelah saya susuri jalan ke pulau banyak dan berhasil kembali dengan selamat ke Banda Aceh, ternyata ada Banyak Jalan Ke Pulau Banyak.

Wisata Aceh Singkil

  • Bila kamu sedang berada di Banda Aceh, kamu bisa menggunakan angkutan umum ke Kota Singkil dengan harga tiket Rp. 500.000 untuk pulang pergi. Jarak tempuh 14 sampai dengan 16 jam perjalanan darat nonstop. 
  • Nah, untuk kamu yang dari luar Aceh, ada baiknya bila ingin langsung ke Pulau Banyak, kamu bisa melalui Medan. Jarak tempuhnya hanya 8 sampai 9 jam perjalanan darat nonstop. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari Rp. 110.000 sampai Rp.120.000 
  • Kalau tidak ingin capek di kenderaan umum, kamu bisa naik pesawat “Susi Air”. Baik itu dari Sumatra Utara ataupun dari Banda Aceh. Selain bisa menghemat jarak tempuh, harga yang ditawarkan juga TERNYATA tidak terlalu mahal! 
  • Tarif Pesawat ke Singkil dari Banda Aceh untuk penumpang dewasa Rp. 363.000* dan Rp. 47.000 untuk anak di bawah dua tahun. 
  • Jadwal penerbangan Singkil-Medan dalam seminggu hanya ada tiga hari saja. Yaitu hari Senin, Rabu, dan Jumat. Begitupun dari Banda Aceh-Singkil. 
  • Lalu, untuk menuju pulau Banyak, kamu memang harus menggunakan kapal. Nah, ternyata sekarang juga sudah ada kapal ferry yang beroperasi seminggu dua hari. Harga tiketnya, hanya Rp 25.000 saja. 
Wisata Aceh Singkil
Km Mutiara Bahari milik Bang Mus
  • Sedangkan untuk kamu yang mencintai laut seperti mencintai kekasih hati, kamu tetap bisa menyeberang ke Pulau Banyak setiap hari dengan menggunakan kapal KM Masyarakat setempat. Tenang, rata-rata kapal yang dipakai untuk penyeberangan Singkil-Pulau Balai sudah kapal kayu berukuran 25 sampai 30 GT. Jadi di jamin nyaman dan aman. Harga tiketnya juga masih terjangkau kok, yaitu Rp 25.000 sampai dengan Rp 30.000. Saya menyarankan jika kamu mau menyeberang ke pulau balai naik Kapal KM MUTIARA BAHARI saja. Walaupun sedikit mahal, tapi pelayanannya memuaskan serta ruangannya nyaman.
  • Lalu, untuk penginapan di Pulau Balai bagaimana? Menariknya, di Pulau Balai yang merupakan salah satu pulau dengan penduduk paling ramai di Kepulauan Pulau Banyak ini, hampir di setiap sudut pulau kamu bisa menemukan losmen ataupun homestay. Harga per-malamnya juga variasi. Mulai dari Rp. 50.000 dengan fasilitas kamar mandi di luar kamar. Sampai ada yang 175.000 per malam dengan fasilitas pendingin ruangan. 
  • Saya dan keluarga, ketika piknik ke Pulau balai memilih penginapan Homestay Muarmata. Harga kamar per-malam hanya Rp.120.000 dengan fasilitas, kamar mandi dalam, dan kipas angin. 
Bicara soal makan atau kuliner. Terus terang, di Pulau Balai, kamu akan sedikit kesulitan menemukan makanan khas. Terlebih lagi pulau ini tidak terlalu besar. Tapi tenang, warung makan masih tersedia hampir di setiap sudut pulau kok. Harga perporsinya juga masih murah. Mulai dari 15.000 sampai 25.000. 

Tips; Hampir disetiap homestay menyediakan paket Makan. Jadi lebih baik anda memesan sekaligus. Per porsi hanya 20.000. kelebihannya adalah, selain kamu bisa makan sepuasnya, ikan yang disajikan juga masih segar-segar.

Wisata Aceh Singkil
penginapan Muarmata 
Wisata Aceh Singkil

Nah, begitulah sekiranya cara mudah ke pulau Banyak. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bila tahun lalu ke Pulau Balai kamu harus bawa uang cash yang banyak, kini di sana, kamu bisa tarik uang cash di beberapa warung grosir di Pulau Balai. (via mesin EDC)

Soal jaringan seluler, Pulau Balai juga telah menikmati jaringan 3G. jadi, kami tetap bisa online dan terhubung dengan dunia luar. Kamu tetap bisa internetan sembari terus meng-update cerita. 

Oh iya, untuk island hoping, kamu bisa menyewa motor boat (disarankan yang bermesin ganda). Harganya juga variatif. Mulai dari 100.000 per-orang sampai per paket Rp. 700.000. Biasanya, dalam satu hari, kita akan dibawa ke lima atau enam pulau. Tergantung jarak, waktu, dan cuaca.

Wisata Aceh Singkil
mau mandi cantik seperti Ziyad juga boleh
Untuk snorkeling, ataupun kayaking, di pulau balai kamu bisa menghubungi agen travel ataupun masyarakat setempat untuk mengetahui harga yang pasti. Tapi, di sana tersedia kok. 

Jadi, dengan segala kemudahan yang ada, dengan segala infrastuktur yang mendukung, maka alasan apalagi yang membuat kamu belum mengunjungi salah satu pulau cantik di barat Indonesia ini?

Banyak Jalan Ke Pulau Banyak, Aceh Singkil

Yudi Randa

Saya, menyukai dunia travelling, Mencintai membaca, Mencintai duduk bersama keluarga sembari menikmati secangkir kopi, menyenangi berbagi bersama. Bisa di Hubungi di yudi.randa@gmail.com

24 komentar:

  1. selama ini kami hanya menumpang mobil singkil bg, biasanya jam 11 baru sampe abdya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti Liza harus naik lagi ke arah singkil selama 7 Jam :D

      Hapus
  2. Dari banda aceh malah lebih jauh yaaa dan ongkosnya mahal.
    Kalo dari kuala namu cuman 8 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.. Terkadang saya sering bertanya2 ini masih aceh kah? Hehehe

      Hapus
    2. Wakssss kamu kejam hua hua hua
      Jadi ini mau di pindahin aja jadi masuk ke SUMUT ???? hahaha

      Hapus
    3. wkwkw janganlaaah ini aceh punya bang :D

      Hapus
  3. Aaaah, Aceeeh :' aku penasaran samaaaa Aceh siiiih ._. duuuh belum pernah kemana-mana nih aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada jalan bila niat sudah kuat mbak hehehe

      Hapus
  4. Semoga suatu saat bisa mampir ke pulau banyak, selama ini kalau pulang ke Meulabouh cuma sekedar lewat kota Singkil-nya saja. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah itu klo dari singkil tinggal nyeberang saja padahal loh

      Hapus
  5. beuhh pantainya menggairahkan :D kayak enggak crowded, jadinya terlihat nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh iya mas yud.. Ini nggak ada crowded nya sama.sekali.. Karena pulau tak berpenghuni beberapa di antara sih

      Hapus
  6. Perlahan tapi pasti, Pulau Banyak mulai menuju pada ketenaran, mudah-mudahan pemdanya 'ngeh' kalau ini potensi luar biasa untuk mendatangkan PAD di daerahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien amien.. Mudah2an pemda singkil ngeh ya ihan

      Hapus
  7. Kalau di Eropa belasan jam gitu sudah dapat banyak negara ya hahaha. Tapi inilah uniknya Indonesia. Sebagian orang malah tidak keberatan dengan jauhnya jarak meskipun masih dalam satu provinsi. Duh, jadi kepengen nyebur kayak Ziyad :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha g usah eropa mas.. Di.jawa aja klo 13 udah ke surabaya dr jakarta hahaha

      Hapus
  8. cakep banget mas, btw katanya banyak agasnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu saya kurang tahu Mas. soalnya selama di sana alhamdulillah aman aman aja mas :)

      Hapus
  9. Ini yang belum kesampaian. Dulu mikir jalan jauhnya, makanya ga jadi melulu.
    Mudah2an kesampaian bisa kemari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi klo dulu emang beneran jauh kok bang hehe :D
      amin insya Allah pasti bisa

      Hapus
  10. min. sebagai informasi Jasa Travel wista ke Pulau Banyak.
    kami Pulau Banyak Online Tour Jasa Travel Wisata Pulau Banya di Pulau banyak
    siap membantu perjalanan anda dan memandu Wisata anda di Pulau Banyak
    jangan lupa Kunjungi website kita.

    http://www.kepulauanbanyak.com/kategori-1-paket-wisata.html

    BalasHapus
  11. Gila bener, 16 jam plus 4 jam total jadi 20 jam. Weks ini melebihi jarak Medan Banda Aceh.. Kok bisa ya dari Medan jadinya lebih Deket cuma 8 jam? #hiks tetep juga pegel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya posisi kabupaten aceh singkil memang lebih dekat ke medan, sudah perbatasan sumatra utara dia kak

      Hapus