Wisata Aceh Singkil
Pelabuhan Jembatan Tinggi kota Singkil
foto : bang Arie Yamani
Saya sempat stress ketika dikatakan kalau ke Pulau Banyak yang terletak di kabupaten Aceh singkil ini harus ditempuh dengan jalan darat selama 16 jam. Belum lagi, kita diharuskan menyeberang dari Jembatan Tinggi kota Aceh Singkil ke Pulau Balai yang akan memakan waktu selama 4 jam. Itupun bila cuaca laut bagus atau bersahabat.

Dalam hati saya bertanya-tanya, Pulau Banyak ini, sebenarnya masih di provinsi Aceh atau sudah masuk Negara lain sih? Jaraknya yang cukup jauh bila dihitung dari ibukota provinsi Aceh, ternyata tidak membuatnya menjadi terasingkan. Hal ini terbukti, dengan terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke kabupaten terbarat Aceh. 

Perjalanan panjang yang saya tempuh bersama keluarga ternyata memang layak. Pemandangan yang spektakuler tersaji begitu saya menginjakkan kaki di pulau Balai. Bahkan, ziyad dan bilqis, kedua anak saya, sampai hari ini masih ingin kesana lagi. Lalu kamu, kapan? 

Setelah saya susuri jalan ke pulau banyak dan berhasil kembali dengan selamat ke Banda Aceh, ternyata ada Banyak Jalan Ke Pulau Banyak.

Banyak Jalan Ke Pulau Banyak, Aceh Singkil
kapal ferry ke Pulau Banyak
  • Bila kamu sedang berada di Banda Aceh, kamu bisa menggunakan angkutan umum ke Kota Singkil dengan harga tiket Rp. 500.000 untuk pulang pergi. Jarak tempuh 14 sampai dengan 16 jam perjalanan darat nonstop. 
  • Nah, untuk kamu yang dari luar Aceh, ada baiknya bila ingin langsung ke Pulau Banyak, kamu bisa melalui Medan. Jarak tempuhnya hanya 8 sampai 9 jam perjalanan darat nonstop. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari Rp. 110.000 sampai Rp.120.000 
  • Kalau tidak ingin capek di kenderaan umum, kamu bisa naik pesawat “Susi Air”. Baik itu dari Sumatra Utara ataupun dari Banda Aceh. Selain bisa menghemat jarak tempuh, harga yang ditawarkan juga TERNYATA tidak terlalu mahal! 
  • Tarif Pesawat ke Singkil dari Banda Aceh untuk penumpang dewasa Rp. 363.000* dan Rp. 47.000 untuk anak di bawah dua tahun. 
  • Jadwal penerbangan Singkil-Medan dalam seminggu hanya ada tiga hari saja. Yaitu hari Senin, Rabu, dan Jumat. Begitupun dari Banda Aceh-Singkil. 
  • Lalu, untuk menuju pulau Banyak, kamu memang harus menggunakan kapal. Nah, ternyata sekarang juga sudah ada kapal ferry yang beroperasi seminggu dua hari. Harga tiketnya, hanya Rp 25.000 saja.
Wisata Aceh Singkil
Km Mutiara Bahari milik Bang Mus
  • Sedangkan untuk kamu yang mencintai laut seperti mencintai kekasih hati, kamu tetap bisa menyeberang ke Pulau Banyak setiap hari dengan menggunakan kapal KM Masyarakat setempat. Tenang, rata-rata kapal yang dipakai untuk penyeberangan Singkil-Pulau Balai sudah kapal kayu berukuran 25 sampai 30 GT. Jadi di jamin nyaman dan aman. Harga tiketnya juga masih terjangkau kok, yaitu Rp 25.000 sampai dengan Rp 30.000. Saya menyarankan jika kamu mau menyeberang ke pulau balai naik Kapal KM MUTIARA BAHARI saja. Walaupun sedikit mahal, tapi pelayanannya memuaskan serta ruangannya nyaman.
  • Lalu, untuk penginapan di Pulau Balai bagaimana? Menariknya, di Pulau Balai yang merupakan salah satu pulau dengan penduduk paling ramai di Kepulauan Pulau Banyak ini, hampir di setiap sudut pulau kamu bisa menemukan losmen ataupun homestay. Harga per-malamnya juga variasi. Mulai dari Rp. 50.000 dengan fasilitas kamar mandi di luar kamar. Sampai ada yang 175.000 per malam dengan fasilitas pendingin ruangan. 
  • Saya dan keluarga, ketika piknik ke Pulau balai memilih penginapan Homestay Muarmata. Harga kamar per-malam hanya Rp.120.000 dengan fasilitas, kamar mandi dalam, dan kipas angin. 

Bicara soal makan atau kuliner. Terus terang, di Pulau Balai, kamu akan sedikit kesulitan menemukan makanan khas. Terlebih lagi pulau ini tidak terlalu besar. Tapi tenang, warung makan masih tersedia hampir di setiap sudut pulau kok. Harga perporsinya juga masih murah. Mulai dari 15.000 sampai 25.000. 

Tips; Hampir disetiap homestay menyediakan paket Makan. Jadi lebih baik anda memesan sekaligus. Per porsi hanya 20.000. kelebihannya adalah, selain kamu bisa makan sepuasnya, ikan yang disajikan juga masih segar-segar.
Wisata Aceh Singkil
penginapan Muarmata 
Wisata Aceh Singkil
Hp . 085296718217
Nah, begitulah sekiranya cara mudah ke pulau Banyak. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bila tahun lalu ke Pulau Balai kamu harus bawa uang cash yang banyak, kini di sana, kamu bisa tarik uang cash di beberapa warung grosir di Pulau Balai. (via mesin EDC)



Soal jaringan seluler, Pulau Balai juga telah menikmati jaringan 3G. jadi, kami tetap bisa online dan terhubung dengan dunia luar. Kamu tetap bisa internetan sembari terus meng-update cerita. 

Oh iya, untuk Island hoping, kamu bisa menyewa motor boat (disarankan yang bermesin ganda). Harganya juga variatif. Mulai dari 100.000 per-orang sampai per paket Rp. 700.000. Biasanya, dalam satu hari, kita akan dibawa ke lima atau enam pulau. Tergantung jarak, waktu, dan cuaca.

Wisata Aceh Singkil
mau mandi cantik seperti Ziyad juga boleh
Untuk snorkeling, ataupun kayaking, di pulau balai kamu bisa menghubungi agen travel ataupun masyarakat setempat untuk mengetahui harga yang pasti. Tapi, di sana tersedia kok. 

Banyak Jalan Ke Pulau Banyak, Aceh Singkil

Jadi, dengan segala kemudahan yang ada, dengan segala infrastuktur yang mendukung, maka alasan apalagi yang membuat kamu belum mengunjungi salah satu pulau cantik di barat Indonesia ini?