Tips Booking Hotel yang Mudah, Murah, dan Aman

Melakukan perjalanan wisata atau kunjungan kerja (bisnis) ke luar kota, luar daerah, bahkan luar pulau saat ini semakin mudah untuk dilakukan karena biaya tiket pesawat yang semakin murah terutama untuk kelas ekonomi. Walaupun labelnya kelas ekonomi, tapi tetap saja jauh lebih nyaman dan lebih cepat apabila dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang berlabel eksekutif. Apalagi kalau tujuannya cukup jauh dan memakan waktu berjam-jam.

Tips Booking Hotel yang Mudah, Murah, dan Aman
Travelling – sumber gambar : innonthedrive.com
Bagian penting dari sebuah perjalanan adalah tempat menginap. Memilih tempat menginap saat ini juga tidak begitu sulit mengingat ada banyak pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan selera. Mulai dari, hotel, guest house, villa, hingga kos-kosan per hari atau per minggu. Namun yang jelas, hotel adalah tempat menginap yang paling banyak dipilih dan paling mudah ditemukan.

Selain itu, hotel memiliki banyak variasi dan segudang pilihan. Misalnya saja, kita bisa memilih hotel murah dengan fasilitas yang sederhana jika budget tidak banyak. Jika memiliki budget cukup, kita bisa saja memilih hotel yang lebih mewah dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Tapi namanya hotel, dengan fasilitas yang paling sederhana sekalipun, saat beristirahat terasa sangat nyaman dan pelayanannya sebagian besar memuaskan.

Jika dahulu, metode yang digunakan untuk booking hotel biasanya adalah dengan menelpon pihak hotel untuk menanyakan, apakah kamar seperti yang diinginkan tersedia? Berapa harganya? Dan lain-lain.

Cara konvensional ini, sebagian besar di era modern sudah mulai ditinggalkan. Mengapa? Karena memakan waktu, membutuhkan banyak biaya terutama biaya telepon atau pulsa. Dan jika ingin membandingkan harga, kita harus menelpon satu persatu hotel-hotel yang kita incar. Sungguh merepotkan bukan?

Tips Booking Hotel yang Mudah, Murah, dan Aman
sumber gambar : telegraph.co.uk

Namun saat ini, internet bisa memudahkan semuanya. Sebagian besar hotel sudah memiliki website. Walaupun kita bisa mengecek ketersediaan kamar di website hotel, namun kadangkala informasinya ada saja yang kurang sehingga mengharuskan kita untuk melakukan panggilan telepon. Ujung-ujungnya biaya kembali keluar lebih banyak.

Yang termutakhir, pihak hotel bekerja sama dengan agen travel online (OTA) untuk mempromosikan hotel mereka. Dengan kerjasama tersebut, pihak ketiga seperti agen online berlomba-lomba menghadirkan kemudahan bagi para pelanggan. Buktinya bisa kita lihat dengan mengunjungi beberapa website agent online atau dengan mengunduh aplikasinya baik untuk gadget berbasis Android, Windows Phone atau untuk perangkat Apple.

Beberapa keuntungan dan kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan memesan secara online melalui aplikasi atau website agen travel diantaranya adalah:
  • Kita bisa memilih hotel dengan mudah berdasarkan berbagai kriteria. 
  • Kita bisa langsung membandingkan harga beberapa hotel sekaligus dalam waktu singkat. 
  • Kita bisa membayar langsung hotel tersebut tanpa DP yang kadang-kadang ujung-ujungnya nggak jelas.
  • Sering ada diskon dan voucher.

Agar booking hotel menjadi lebih mudah, murah, dan aman, melalui online travel agent, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut diantaranya.

Tinggalkan metode direct booking

Memesan kamar dengan langsung datang ke hotel (direct booking) seringkali menyisakan beberapa masalah seperti:
  • Perasaan was-was, apakah bisa mendapatkan kamar atau tidak, terutama pada saat high season. 
  • Sulit mendapatkan kamar yang diinginkan seperti yang dekat dengan kolam renang, yang memiliki pemandangan bagus, atau kamar-kamar spesial. 
  • Selain itu, metode ini tidak bisa diandalkan pada musim musim liburan.
  • Tidak praktis, metode ini cukup merepotkan.

Manfaatkan aplikasi di gadget

Untuk kemudahan dan kepraktisan memesan kamar hotel menggunakan aplikasi di gadget adalah yang direkomendasikan. Kita bisa memesan hotel kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi di smartphone atau tablet dalam waktu yang singkat. Metode pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan mobile banking, internet banking, atau melalui Paypal, kartu kredit, dan lain-lain.

Hindari "Pesan sekarang, bayar nanti" Melalui agen online

Beberapa agen online ada yang mempermudah pelanggan dengan memberikan ketentuan untuk bisa memesan sekarang namun membayar nanti saat menginap. Akan tetapi, kadang-kadang, kamar yang kita pesan bisa diambil oleh orang lain karena kita hanya membayar deposit, bukan membayar penuh. Apalagi kalau permintaan kamar hotel sedang banyak.

Untuk lebih amannya, pilihlah yang bisa langsung membayar penuh di awal dengan ketentuan bisa mendapatkan refund apabila harus membatalkan pesanan.

Jangan malas cek tetangga sebelah

Agen travel online saat ini juga banyak banget jumlahnya. Untuk bisa mendapatkan kamar hotel yang paling murah dan paling sesuai dengan keinginan, kamu wajib mengecek 2-3 agen online yang terkenal.

Perhatikan tax and service

Ini adalah ketentuan saat booking hotel melalui agen online yang tidak boleh kamu lupakan. Ada beberapa agen online yang tidak menyertakan biaya pajak dan pelayanan dalam harga hotel yang ditawarkan. Jadi, sedikit teliti akan membantu kita booking hotel melalui agen online dengan lebih aman.

Jangan malu berburu diskon dan voucher

Bukan rahasia apabila agen online seringkali menawarkan berbagai diskon dan voucher. Misalnya dengan mendaftarkan email. Biasanya kita akan mendapatkan kiriman voucher atau tawaran diskon melalui email yang kita daftarkan. Dengan itu, kita bisa menghemat pengeluaran terutama untuk biaya penginapan. Jadi jangan ragu-ragu untuk berburu voucher dan diskon hotel melalui agen online.
  

Yudi Randa

Saya, menyukai dunia travelling, Mencintai membaca, Mencintai duduk bersama keluarga sembari menikmati secangkir kopi, menyenangi berbagi bersama. Bisa di Hubungi di yudi.randa@gmail.com

4 komentar:

  1. ini kok lagi banyak yang menulis beginian sih.. ada apakah, endorse ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas dhanang pasti bisa bedain mana tulisan saya mana yg bukan kan? Hehehe

      Hapus
  2. Aku berburu voucher juga kak, siapa tau ada yang nganggur kasih aku yeeeeee hahaha
    Pake OTA hidup jadi lebih simple ngak pake ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah telat om.. kemarin saya dapat tawaran voucher tiket pesawat.. bebas flight kemana aja.. tapi saya tolak :(

      Hapus