Wednesday, September 26, 2018

Menjadi Blogger, Dari tidak ada Handphone Sampai mengejar Handphone Idaman!


Handphone idaman 2018
Barang baru, stock lama!
Begitulah istilah yang disematkan oleh teman-teman blogger yang masih ngeblog semenjak jaman multiply.com.  Iya, saya adalah salah satu Mpers, istilah blogger yang menulis di web tersebut. Di sana, saya sudah menulis dan belajar ngeblog semenjak tahun 2006. Hingga semuanya berakhir di tahun 2010, seiring selesainya kuliah strata-1 di Jakarta dan harus kembali memacu hidup di kampung halaman, Aceh.

Pun, tak lama, multiply tutup. Saya akhirnya, memutuskan hidup normal seperti layaknya pemuda di kampung. Bekerja sebagai karyawan. Pergi karena hutang, pulang karena sayang. Begitulah sampai lima tahun selanjutnya. Tepat tanggal 23 Januari 2015, seorang teman dari era MP (multiply) meminta saya untuk kembali menuliskan cerita di blogspot.

Berat! Itulah yang terlintas saat memulainya kembali. Sudah, jangan tanya bagaimana bingungnya saya saat mencoba membuat blog pertama kali setelah lima tahun berhenti! Laptop sudah tak ada lagi, handphone masih seri jadul. Beneran jaman baheulak! Keypad nya saja masih model ah kalian tahulah tanpa saya harus menyebut mereknya. Bagaimana caranya saya memulai menulis lagi? Itulah yang tersirat dalam benak.

Menjadi blogger di daerah terujung Sumatra sudah bisa dipastikan takkan semudah saat masih di Jakarta. Mulai dari akses internet, sampai sisi cerita yang ingin diangkat. Tak semua orang ingin dengar mengenai daerah yang terkenal dengan hukum Syariatnya. 

foto masih pake kamera poket milik keluarga. Kamera ini keluaran tahun 2008.
Bismillah, saya memutuskan jalan. Satu persatu cerita mulai diangkat ke permukaan. Dengan sisa-sisa tabungan, saya membeli tablet murah. Tujuannya, hanya agar bisa terhubung kembali dengan dunia maya. Membangun relasi yang lama terputus, sampai mencari-cari peluang kerja. Sesekali, saya meminjam laptop teman, atau laptop adik. Apa pun saya usahakan, sampai meminjam kamera poket milik keluarga!


masih pake tablet yang kualitas kameranya masih VGA
Sudah, jangan tanya bagaimana rasanya saat memberanikan diri meliput kegiatan wisata di daerah. Teman lainnya memakai gawai yang mumpuni, saya hanya tab murah yang gambar fotonya masih VGA. Saat teman yang lain sudah menggunakan DSLR saya hanya pakai kamera poket walaupun mereknya sama.

Kini...

Man Behind the Gun! Memang harus diakui, sehebat apa pun gawai yang engkau pakai, hasil dari gawai tersebut tetap ditentukan oleh sosok di belakangnya. Namun, percaya tak percaya, hal itu tak sepenuhnya benar. Paling tidak, itu yang saya rasakan. Terlebih lagi kini, era telah berubah. Teknologi berkembang. Setiap gawai atau gadget yang diciptakan bisa dipastikan haruslah cocok untuk kegiatan penggunanya.

Ngeblog, misalnya, terutama yang bergenre traveling, bisa dipastikan akan memerlukan laptop yang bisa diajak tempur. Handphone menjadi barang wajib yang harus dibawa hampir dalam setiap kegiatan. Baik itu untuk kegunaan sehari-hari sampai untuk urusan kerjaan. Kamera? Ah sudah tak usah tanya lagi.

Dengan semua derita menjadi blogger di kampung, yang tak mungkin dilukiskan satu-persatu, perlahan-lahan saya mulai mencicil untuk membeli gadget. Mulai dari kamera, laptop, sampai akhirnya handphone. Ini semua, tentu hasil dari ngeblog selama kurang lebih hampir 4 tahun. Apakah saya ingin berhenti?

Rasanya tidak, bahkan saya harus tetap memasang target. Minimal mengejar Smartphone Idaman 2018. Tidak muluk-muluk. Tak berani memimpikan sebuah handphone yang masuk dalam jajaran flagship. Namun, paling tidak, mampu mendukung setiap aktivitas saya.

Mungkin, HUAWEI memahami kegalauan blogger ngepas seperti saya. Nafsu tinggi tapi tenaga kurang. Mau beli yang mumpuni tapi terbatas dengan uang belanja make-up istri. Ingin serba bisa tanpa mengoyak kantong. Hadirlah dia, Huawei Nova 3i. Harganya masih bolehlah, belum sampai harus menggadaikan harga diri.

Handphone idaman 2018
Huawei Nova 3i foto by the web. 
Saya membayangkan, ketika ingin bermain instagram serta semua aplikasi editing pendukungnya, handphone saya tak lagi freeze. Ketika ingin membuat slow motion, saya tak harus mencari aplikasi atau kamera khusus. Jika mood tak bagus lalu ingin memainkan game-game dengan grafis tinggi, handphone saya tak lagi panas atau habis baterai. Dan yang terpenting, seorang blogger pasti membutuhkan sebuah telepon genggam yang bisa diajak multitasking!

Apakah handphone Huawei Nova 3i mampu memenuhi hajat hidup blogger receh seantero Indonesia? Saya pikir mungkin, dan bisa! Dana boleh seret, tapi gaya nggak boleh mati. Hadir dengan warna body twilight, ia mampu membuat siapapun penggila warna senja seperti saya, terpukau. Dan terkesan tak biasa serta mewah! Nah, ini faktor penting yang pertama. Tidak kalah segi tampilan! Karena setelah sempak baru, handphone baru nan elegan juga menjadi harga diri seorang blogger.

Tapi, tampilan mewah dan elegan tanpa kemampuan yang sepadan, sama saja sia-sia. Mau apa-apa ngelag, mau edit foto tapi freeze. Dengan chipset Kirin 710 berteknologi 12 nm, HUAWEI NOVA 3I memberikan hasil responsif yang halus, halus men! Nggak ngelag dan kasar sekayak handphone yang hari ini saya pakai! Pada telepon keluaran negeri tirai bambu ini juga dilengkapi dengan GBU Turbo. 

Jadi, bukan hanya tampilannya keren, namun juga mumpuni untuk dipakai multitasking. Plus, hemat baterai! Iya, GBU Turbo ini diklaim mampu meningkatkan kualitas grafis, kinerja yang lebih cepat, namun menahan konsumsi baterai menjadi lebih hemat. Jadi, sementara, kamu bisa menghemat penggunaan powerbank kecuali di tempat-tempat yang sulit colokan.

Saya membayangkan, suatu hari nanti, saat anak gadis kecil saya berlarian di pantai, dan saya bisa merekamnya dengan slowmotion, bisa bokeh, tanpa harus merogok kocek yang lebih dalam demi membeli lensa fix. Lalu, memperlihatkan hasil jepretannya kepada mereka, lalu kami tertawa bersama. Ah, betapa indahnya bukan?

ayah mana yang tak luluh hatinya melihat ia tersenyum begini?
Dan, HUAWEI NOVA 3I hadir dengan 4 kamera, dua depan ( 24 MP dan 2 MP), dua di belakang dengan  Kamera belakang ganda 16 MP + 2 MP dengan aperture f/2.2 mampu menciptakan efek BOKEH PROFESIONAL dan ALAMI. Diperkuat oleh algoritme AI yang didorong pengetahuan lebih dari 100 juta gambar, HUAWEI nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen, dan menyediakan hasil potret yang dioptimalkan. Sarap! Sudahlah hemat kantong, namun memberi kelebihan terbaik dikelasnya, apalagi jika bukan teruntuk ayah galau seperti saya yang selalu ingin membahagiakan keluarga kecilnya.

Ah iya, dengan kemampuan foto demikian, saya bisa pastikan, foto-foto penunjang untuk postingan blog saya nanti tak lagi terlihat seperti era jaman friendster. Sudah ada bokehnya, sudah ada view landscape dengan contrast yang cukup menyejukkan mata. Memudahkan saya untuk meliput kegiatan atau event-event yang diadakan di Aceh nantinya. Bisa bokeh Meeen! Alamaak..saya geli sendiri membayangkan jika sudah berhasil merekam foto ala-ala bokeh. Lalu Huawei Nova 3i sudah menyediakan mode super slow motion sampai 16x pada 480 frame per second dan 4x slow motion 120fps! Bukan kaleng-kaleng kan, ini handphone!

Bilqis yang suka berlarian di pantai, taken by Satya Winnie. Bokehnya asyik, kan?
Bagi blogger, atau pekerja dunia maya seperti saya, bisa dipastikan koneksi internet yang stabil, kuat, dan tidak menguras tenaga baterai handphone adalah kewajiban. Dan, itu lagi-lagi diakomodir oleh Huawei Nova 3i. Konektivitas  #HuaweiNova3i_ID didukung banyak fitur canggih seperti EMUI 8.2 alias elevator mode yang dapat mengoptimalkan kinerja jaringan dan memulihkan sinyal 4G secara cepat, fitur Huawei GEO 1.5 yang memungkinkan saya tetap mendapatkan layanan meski di tempat tertutup, hingga AI Noise Removal yang dapat menganalisis suara seperti suara rendah yang akan ditingkatkan, hingga panggilan berisik yang diubah menjadi lebih jelas dan berkualitas. Kini update status sempak koyak dari daerah minim sinyal bukan lagi menjadi masalah, dong!

Saya harus akui, masih begitu banyak keunggulannya yang belum saya uraikan. Namun, beberapa hal di atas sudah sangat membantu saya dalam blogging di tahun-tahun mendatang. Sederhana? Iya, saya selalu menginginkan hal-hal yang sederhana, namun tetap bermakna dan tak mengurangi keceriaan serta kebahagiaan dalam menekuni profesi sebagai Blogger.

Ingatlah kawan, menjadi blogger memang tak mudah apalagi murah. Namun kamu tetap bisa mensiasatinya dengan mencari gadget yang paling tepat. Karena saya sendiri juga melakukan hal yang sama. Dari tak punya apa-apa, sampai akhirnya perlahan memiliki laptop, kamera dan Smartphone Idaman Tahun 2018. Jika saya bisa, kamu pasti lebih bisa! . Ingat #ChooseTheBest!.




Tulisan ini  diikutsertakan  dalam Huawei Nova 3i Blog Competition by Koh Huang
  1. Aseek.. pergi karna hutang pulang karena sayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini efek kebanyakan duduk di mereudu dulu.. selalu ada boat ikan yang nulisnya gitu :D

      Delete
  2. iya betul jadi blogger itu tidak murah. Pengin sih yang murah apalagi gratis laptop dll dengan ikutan lomba tapi sayang itu juga tidak mudah. Berulangkali ikut lomba tapi apa daya belum beruntung.... *lah malah curhat... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah senasib kita kak! giliran ikut lomba yang hadiahnya trip selalu menangnya juara harapan hahaha

      Delete
  3. Wuiiiih...hapenya stylish kaliiiii...mau jugalah nabung buat beli Huawei ini. Cakeupliii...

    ReplyDelete
  4. Wah, ikutan juga dia rupanya. Semoga beruntung om


    Ahaha, saya ketawa di bagian bukan kaleng-kaleng ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha dikau ikutan juga ya? aku butuh hape baru hahaha

      Delete
  5. Nuansa bokeh dari kamera ponsel sungguh mengagumkan. Produk yang layak di miliki. Thanks for share info mas. Btw Anda blogger kece l’ho....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, aku butuh banget hahaha
      alamaaak.. makasih banyak ya untuk pujiannya, walaupun aku masih nggak pedean orangnya hehe

      Delete
  6. Aku yakin nih kalau Bang Yudi menang Huawei ni, makin kece-kece sekali fotonya. Great camera + great photographer! Wuwuwuwuwuwuwuw!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamieeeeeen... makasih doanya kakaaaaak idolakuuuuu

      Delete
  7. Keren sekali kamera Huawei Nova3i ini. Semoga menang ya biar Makin keren foto2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieeen... pokoknya usaha dulu kan bang? semoga bisa mengenggam dan menjadikannya teman setia.. halah

      Delete
  8. Dengan gadget keren dan canggih nanti, keindahan Aceh akan tampak semakin nyata dalam blog ini. Insya Allah Huai idaman itu akan segera jadi milik Yudi. Amin

    ReplyDelete
  9. GAdget sekarang canggih-canggih ya...hasil foto bisa cakeup seperti hasil jepretan kamera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, apalagi jaman sekarang dan dengan pekerjaan seperti saya, ya mau tak mau harus ikutan update kak

      Delete
  10. Yudi randa selalu keren menulis..ngaliiir.

    Goodluck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masya Allaaaah... sebenarnya bukan ngalir Uni, tapi kebawa suasana hehe

      makasih ya Uni, pujian darimu, membuatku selalu semangat mengejar ketertinggalan

      Delete
  11. Cakep bener Huawei unik semoga menang ya bangyud biar makin semangat berkaryaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeeen..makasih banyak doanya mbak Dedew..

      Delete
  12. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil
    Tetap terus berkarya

    Huaweinya mupeng

    ReplyDelete
  13. Sungguh perjuanganmu alangkah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah adanya Om.. tak ada sedikitpun aku lebih2kan..hanya sebagian laginya aku tutupi :)

      Delete
  14. Wah keren tulisannya...

    https://kokohhendra.wordpress.com/2018/09/28/huawei-nova-3i-smartphone-yang-kekinian/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas.. ikutan juga ya? semoga menang yaaaa

      Delete
  15. emang geli2 kocak sih baca tulisan bang Yudi ini. Semoga beruntung ya bang dapetin Huawei biar ngeblognya makin keceh badai

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha baca blogmu juga seru lho kak.. amien amien Allahumma amin.. makasih ya kak :)

      Delete
  16. smoga perjuangannya membawa berkah untuk memiliki smartphone impiannya yah mas
    Salam kenal dari Bumi Jember ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieeen..makasih doanya ya Mbak.. salam juga dari Aceh

      Delete
  17. Wah, ikutan ya kak, semoga beruntung ya kak!
    salam kenal Yopi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..saya ikutan juga hehehe, mupeng sih sama hp nya :)

      Delete
  18. Wuih, semoga dapat HP baru ini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieen.. aku ingin menyaingi bang ubai pokoknya hihihi

      Delete
  19. Paling suka dengan layarnya yang 6.3 inch. Cocok sekali buat saya yang suka nulis lewat hp. Luas dan minim typo. Udah gitu memorinya 128 GB, luas sekali. Buat nyimpen foto dalam jumlah banyak pasti bakal muat. Ah pokonya mupeng banget sama Huawei Nova 3i ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh buset?? serius 128 ya? aku ngeliatnya yang versi cina hanya 64 :D
      waaaah doakan aku menang bang Amir :D

      Delete
  20. Terima kasih ya sudah partisipasi dalam blogging competition. Semoga beruntung ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amien.. makasih juga untuk kesempatan yang diberikan ya Koh

      Delete
  21. Semoga menang, bereh li hp-a, kadang mau jual ane tampung ya wakakakaaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieeen... hahaha jangan bang, hawa juga pake hape mahal :D

      Delete

Hai... Terima Kasih sudah membaca blog ini. Yuks ikut berkontribusi dengan meninggalkan komentar di sini 😉

Start typing and press Enter to search